IMPLEMENTASI STRATEGI PEMBELAJARAN POSTER COMMENT DAN CROSSWORD PUZZLE DALAM MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (PAI) KELAS X DKV 2 DI SMK NEGERI 1 NGULING, PASURUAN

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Juniasih, Dwi Kurnia (2022) IMPLEMENTASI STRATEGI PEMBELAJARAN POSTER COMMENT DAN CROSSWORD PUZZLE DALAM MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (PAI) KELAS X DKV 2 DI SMK NEGERI 1 NGULING, PASURUAN. Other thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
LKPT121 Dwi Kurnia Juniasih.pdf

Download (2MB)

Abstract

Dalam suatu proses pembelajaran, seorang Guru mempunyai peranan yang sangat penting. Guru harus berupaya menggunakan berbagai cara agar dalam proses pembelajarannya siswa selalu termotivasi untuk belajar. Karena motivasi adalah salah satu faktor yang mempengaruhi keberhasilan belajar siswa dalam meningkatkan prestasi belajar. Motivasi siswa ini dapat ditumbuhkan dengan penggunaan metode atau strategi pembelajaran yang tepat. Penggunaan strategi pembelajaran yang monoton dan membosankan membuat motivasi belajar siswa turun dan berdampak pada penurunan prestasi belajarnya. Sebuah fakta di SMKN 1 Nguling Pasuruan kelas X DKV 2 bahwa dalam pembelajaran PAI menggunakan metode atau strategi pembelajaran tradisional dan konvensional, yaitu ceramah, penugasan, dan tanya jawab. Dengan metode tersebut, prestasi belajar siswa kelas X DKV 2 cenderung kurang memenuhi KKM. Untuk itu siswa merasa perlu hadirnya suatu pembaharuan dalam pembelajaranya yakni penggunaan metode atau strategi pembelajaran yang menciptakan suasana belajar enjoy dan menyenangkan. Salah satu alternatif strategi yang dapat digunakan adalah strategi Poster Comment dan Crossword Puzzle. Kedua strategi ini digunakan dengan harapan dapat menciptakan suasana pembelajaran yang aktif, inovatif, kreatif, efektif dan menyenangkan. Adapun rumusan dan tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana perencanaan dan pelaksanaan tindakan pada penerapan strategi pembelajaran Poster Comment dan Crossword Puzzle dalam meningkatkan prestasi belajar siswa kelas X DKV 2 di SMKN 1 Nguling Pasuruan. Pendekatan penelitian ini adalah deskriptif kualitatif, dan jenis penelitiannya yaitu Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan Guru PAI sebagai peneliti. Pelaksanaan penelitian selama 3 siklus dengan menggunakan model Kurt Lewin yang terdiri dari perencanaan, tindakan (pelaksanaan), pengamatan (observasi) dan refleksi. Pengumpulan data diperoleh dengan menggunakan teknik observasi, wawancara, pengukuran tes hasil belajar dan dokumentasi. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan strategi pembelajaran Poster Comment dan Crossword Puzzle dapat meningkatkan prestasi belajar siswa kelas X DKV 2 pada mata pelajaran PAI di SMKN 2 Nguling Pasuruan. Dari hasil nilai evaluasi juga dapat dilihat tentang peningkatan prestasi belajar mulai dari pra siklus hingga siklus 3 dengan rincian rata-rata kelas nilai pra siklus 59,68; siklus I 72,20; dan siklus II 86,68. Peningkatan prestasi belajar pada lembar observasi siklus I sebesar 5%, pada siklus II sebesar 14%, dan pada siklus III sebesar 20 %. Ketuntasan Belajar siswa juga semakin meningkat mulai 45 % di siklus I, 72 % siklus II, dan 100% siklus III.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Other)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Juniasih, Dwi KurniaUNSPECIFIED06050822430
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorFahmi, Muhamamdmuhammadfahmi@uinsa.ac.id2106087701
Subjects: Pendidikan
Pendidikan > Strategi Belajar Mengajar
Keywords: Strategi pembelajaran poster comment; crossword puzzle; prestasi belajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Profesi Guru (PPG)
Depositing User: Ainun Syarifah
Date Deposited: 01 Feb 2025 10:51
Last Modified: 01 Feb 2025 10:51
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/77229

Actions (login required)

View Item View Item