This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya
Nurmawati, Anita (2009) PENGARUH METODE ANDRAGOGI TERHADAP PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN FIQIH KELAS XI DI SMA ISLAM PARLAUNGAN BERBEK WARU SIDOARJO. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.
|
Text
cover.pdf Download (269kB) | Preview |
|
|
Text
abstrak.pdf Download (6kB) | Preview |
|
|
Text
daftar isi.pdf Download (10kB) | Preview |
|
|
Text
bab 1.pdf Download (54kB) | Preview |
|
|
Text
bab 2.pdf Download (157kB) | Preview |
|
|
Text
bab 3.pdf Download (106kB) | Preview |
|
|
Text
bab 4.pdf Download (166kB) | Preview |
|
|
Text
bab 5.pdf Download (29kB) | Preview |
|
|
Text
bab 6.pdf Download (9kB) | Preview |
|
|
Text
daftar pustaka.pdf Download (12kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini berjudul Pengaruh Metode Andragogi Terhadap Peningkatan Prestasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Fiqih di SMA Islam Parlaungan Berbek Waru Sidoarjo. Latar belakang penulis mengangkat judul tersebut adalah untuk melatih siswa agar menjadi pelajar yang mandiri serta berani bertanggung jawab dalam setiap keputusan yang diambil dan melatih siswa agar lebih aktif dalam mengikuti setiap proses pembelajaran.
Untuk mengetahui beberapa permasalahan yang terdapat dalam penelitian, maka dirumuskan beberapa permasalahan antara lain: Bagaimana kemampuan guru dalam mengelola pembelajaran dengan menggunakan metode Andragogi di SMA Islam Parlaungan Berbek Waru Sidoarjo, bagaimana prestasi belajar siswa selama mengikuti pembelajaran dengan menggunakan metode Andragogi di SMA Islam Parlaungan Berbek Waru Sidoarjo, adakah pengaruh metode Andragogi terhadap peningkatan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran fiqih di SMA Islam Parlaungan Berbek Waru Sidoarjo.
Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah jenis penelitian eksperimen, sedangkan pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif.
Metode yang digunakan untuk pengumpulan data dalam penelitian ini adalah metode dokumentasi, observasi, test, interview. Dan untuk menganalisis data tes adalah dengan Statistik Parametic yaitu dengan menggunakan Uji t (sampel paired t- test).
Berdasarkan hasil kemampuan guru dalam mengelola pembelajaran dengan menggunakan metode Andragogi diketahui bahwa kemampuan guru dalam mengelola pembelajaran dengan menggunakan metode Andragogi selama dua kali pertemuan termasuk kategori sangat baik dengan nilai rata-rata 3,6 yang berarti sesuai dengan rencana pembelajaran. Berdasarkan analisis aktivitas siswa selama mengikuti pembelajaran dengan menggunakan metode Andragogi dapat diketahui siswa tergolong siswa aktif dengan nilai rata-rata 114,86 dan nilai rata-rata untuk siswa tidak aktif adalah 3,74. untuk mengetahui peningkatan prestasi belajar siswa selama mengikuti pembelajaran dengan menggunakan metode Andragogi termasuk baik, hal ini dapat dilihat dari hasil pre test 70,84% dan hasil post test 82,21%. Dan untuk mengetahui pengaruh metode Andragogi terhadap peningkatan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran fiqih telah menunjukkan pengaruh yang nyata, hal ini dapat dilihat dari perhitungan dengan menggunakan Uji t dengan hasil bahwa thitung ttabel atau 9,2501 2,025, maka Ho ditolak dan Ha diterima. Yang berarti terdapat pengaruh pelaksanaan metode Andragogi terhadap peningkatan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran fiqih di SMA Islam Parlaungan Berbek Waru Sidoarjo.
Statistic
Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Creators: |
|
||||||
Subjects: | Pendidikan > Prestasi Belajar | ||||||
Keywords: | Andragogi; Fiqih | ||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam | ||||||
Depositing User: | Editor: Library Administrator----- Information-----http://library.uinsby.ac.id | ||||||
Date Deposited: | 31 Oct 2009 | ||||||
Last Modified: | 09 Feb 2015 02:17 | ||||||
URI: | http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/7725 |
Actions (login required)
View Item |