PENERAPAN METODE DEMONSTRASI DALAM MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA PADA BIDANG STUDI AKIDAH AKHLAK KELAS VII MTS NEGERI 1 BANGGAI

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Gafur, Abd (2022) PENERAPAN METODE DEMONSTRASI DALAM MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA PADA BIDANG STUDI AKIDAH AKHLAK KELAS VII MTS NEGERI 1 BANGGAI. Other thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
LKPT132 Abd Gafur.pdf

Download (1MB)

Abstract

Rumusan masalah pada penelitian ini adalah 1. Bagaimana proses peningkatan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran akidah akhlak melalui penerapan metode demonstrasi di kelas VII MTs. Negeri 1 Banggai ? 2. Bagaimana meningkatkan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran akidah akhlak melalui penerapan metode demonstrasi di kelas VII MTs.Negeri 1 Banggai. adapun tujuan peneleitian ini untuk Untuk meningkatkan prestasi belajar siswa kelas VII MTs. Negeri 1 banggai pada bidang study Akidah Akhlak serta mengetahui berapa besar peningkatan prestasi belajar siswa kelas VII MTs. Negeri 1 banggai pada bidang study Akidah Akhlak melalui penggunaan metode demonstrasi. hasil penelitian ini aadalah 1. kegiatan siswa Siklus I pada saat kegiatan belajar mengajar dan pada saat diskusi kelompok. Pada awal pertemuan (pre tes) siswa yang tuntas hanya 5 siswa dengan presentase 25% kemudian pada saat (pos test) menjadi 10 orang dengan presentase 50% ini berarti masih dibawah batas ketuntasan siswa, kemudian pada kegiatan siklus II (pre tes) dapat meningkat menjadi 7 siswa dengan presentase 35%. pada (pos test) menjadi 12 siswa dengan presentase 60% lanjut Pada siklus III kegiatan (pre tes) dapat meningkat lagi menjadi 14 siswa dengan presentase 70% kemudian pada (pos test) menjadi 18 orang siswa dengan presentase 90% siswa tuntas. dengan nilai 75 sampai dengan 95 dengan demikian penerapan metode demonstrasi untuk meningkatkan prestasi belajar siswa dapat di katakan sangat baik. 2. Adapun nilai ketuntasan bidang study Akidah Akhlak Kelas VII MTs.Negeri 1 banggai adalah 75, dan nilai rata-rata siswa kelas VII MTs.Negeri 1 banggai setelah diterapkan pendekatan demonstrasi melalui metode diskusi kelompok adalah 75 sampai 95 Hal ini telah membuktikan bahwa dengan pendekatan demonstrasi dapat meningkatkan prestasi belajar Pada bidang study Akidah akhlak di MTs. Negeri 1 Banggai.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Other)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Gafur, AbdUNSPECIFIED7852890057039
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorTaufik, Taufiktaufiksiraj@uinsa.ac.id2002027303
Subjects: Pendidikan
Pendidikan > Prestasi Belajar
Pendidikan > Metode
Keywords: Metode demonstrasi; prestasi belajar siswa
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Profesi Guru (PPG)
Depositing User: Ainun Syarifah
Date Deposited: 01 Feb 2025 15:05
Last Modified: 01 Feb 2025 15:05
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/77264

Actions (login required)

View Item View Item