PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS 6 MI MIFTAHUL JANNAH PADA MATA PELAJARAN FIKIH MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Aripin, Zainul (2022) PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS 6 MI MIFTAHUL JANNAH PADA MATA PELAJARAN FIKIH MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING. Other thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
LKPT134 Zainul Aripin.pdf

Download (858kB)

Abstract

Rumusan masalah pada penelitian ini adalah Bagaimana peningkatan hasil belajar siswa kelas 6 mi miftahul jannah terhadap mata pelajaran fikih dengan menggunakan model pembelajaran problem based learning?. adapun metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kuantitatif. Penelitian kuantitatif digunakan untuk meneliti populasi atau sampel. Data dikumpulkan dengan menggunakan instrumen atau alat ukur, kemudian dianalisis dengan statistik atau secara kuantitatif. Penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dengan mengimplementasikan model pembelajaran problem based learning (PBL) bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran fikih. Dari hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar siswa pada setiap indikatornya. Hal ini membuktikan bahwa model pembelajaran problem based learning (PBL)mampu meningkatkan hasil belajar siswa. Peningkatan hasil belajar siswa juga didukung dengan meningkatnya hasil prestasi siswa. Selain itu pemberian penghargaan dalam model pembelajaran ini juga mampu meningkatkan motivasi dan semangat siswa dalam pembelajaran fikih. Pemberian penghargaan atau hadiah membuat siswa lebih berantusias untuk mengikuti pembelajaran.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Other)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Aripin, ZainulUNSPECIFIED06050822340
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorHuda, Muhammad Nurilnuril.huda@uinsby.ac.id2027068001
Subjects: Pendidikan
Pendidikan > Hasil Belajar
Keywords: Hasil belajar; model pembelajaran problem based learning
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Profesi Guru (PPG)
Depositing User: Ainun Syarifah
Date Deposited: 01 Feb 2025 15:06
Last Modified: 01 Feb 2025 15:06
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/77266

Actions (login required)

View Item View Item