This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya
Jurianto, Jurianto (2022) PENERAPAN MODEL DISCOVERY LEARNING PADA MATERI TEKS NONFIKSI DALAM UPAYA PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV-B MI BAHRUL ULUM SURABAYA. Other thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.
![]() |
Text
LKPT135 Jurianto.pdf Download (1MB) |
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi oleh hasil observasi yang dilakukan pada siswa kelas IV MI Bahrul Ulum kota Surabaya, bahwasannya model konstektual sudah terlaksanakan hanya saja belum maksimal. Masih banyak siswa yang mendapatkan nilai yang rendah dilihat dari hasil belajar siswa. Berikut ini merupakan data hasil belajar siswa kelas IV-B pada mata pelajaran Bahasa Indonesia. Hasil belajar menunjukkan bahwa hasil belajar kelas IV MI Bahrul Ulum pada siklus I untuk materi teks nonfiksi dengan model pembelajaran Discovery Learning diperoleh nilai rata-rata kondisi awal sebesar 52 dengan nilai tertinggi adalah 85 yang diperoleh 1 siswa dan nilai terendah 35 diperoleh 4 siswa dengan ketuntasan belajar sejumlah 4 siswa sedangkan yang tidak tuntas sejumlah 8 siswa. Nilai KKM mata pelajaran Bahasa Indonesia kelas IV di MI Bahrul Ulum Kota Surabaya yaitu 75. Untuk mengatasi hasil belajar siswa yang rendah maka peneliti menggunakan model pembelajaran yang berbeda, yaitu model pembelajaran Discovery. Jika penggunaan model pembelajaran tersebut tepat penggunaanya, maka pembelajaran apa yang ditargetkan dalam pembelajaran dapat tercapai. tujuan penelitian ini adalah Untuk mengetahui bagaimana penerapan model pembelajaran Discovery Learning pada pada materi teks nonfiksi serta mengetahui hasil belajar siswa kelas 4 di MI Bahrul Ulum setelah penerapan pembelajaran Discovery Learning pada materi teks nonfiksi. hasil penelitian ini menujukkan bahwa dalam penelitian pembelajaran tematik menggunakan metode ceramah diperoleh rata -rata siswa masih kurang memahami materi dengan baik, hal ini dibuktukan dengan nilai rata-rata yang diperoleh sebesar 44 dengan nilai tertinggi 75 terdapat 3 dan terendah 30 terdapat 7 orang dengan ketuntasan belajar hanya sebesar 25%. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar kelas IV MI Bahrul Ulum pada siklus I untuk materi teks nonfiksi dengan model pembelajaran Discovery Learning diperoleh nilai rata-rata kondisi awal sebesar 52 dengan nilai tertinggi adalah 85 terdapat 1 orang dan nilai terendah 35 terdapat 4 orang dengan ketuntasan belajar 42% dan yang tidak tuntas 58% Sedangkan pada siklus II untuk materi teks nonfiksi diperoleh nilai rata-rata siklus II sebesar 67 dengan nilai tertinggi 90 terdapat 2 orang dan nilai terendah 40 terdapat 5 orang dengan ketuntasan belajar 67% dan yang tidak tuntas 33%. Sedangkan hasil penelitian pada siklus III untuk materi teks nonfiksi menunjukkan hasil belajar siswa kelas IV MI Bahrul Ulum diperoleh nilai rata-rata sebesar 82 dengan nilai tertinggi 100 terdapat 3 orang dan nilai terendah 45 terdapat 3 orang dengan ketuntasan belajar 83% dan yang tidak tuntas 17%. Berdasarkan data hasil belajar siswa dari siklus I hingga siklus III menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar siswa kelas IV MI Bahrul Ulum tahun pelajaran 2022/2023 pada materi yang sama yaitu teks nonfiksi. Hal disebabkan pada siklus I hingga III sudah menerapkan model pembelajaran Discovery learning.
Statistic
Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.
Item Type: | Thesis (Other) | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Creators: |
|
||||||||
Contributors: |
|
||||||||
Subjects: | Pendidikan Pendidikan > Hasil Belajar |
||||||||
Keywords: | Model discovery learning, hasil belajar | ||||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Profesi Guru (PPG) | ||||||||
Depositing User: | Ainun Syarifah | ||||||||
Date Deposited: | 01 Feb 2025 15:08 | ||||||||
Last Modified: | 01 Feb 2025 15:08 | ||||||||
URI: | http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/77267 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |