Peningkatan hasil belajar siswa melalui model Problem Based Learning (pbl) pada materi syajaah untuk siswa Kelas XI IPS 1 di SMAN 1 Babat Lamongan

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Khoyin, Ahmad (2022) Peningkatan hasil belajar siswa melalui model Problem Based Learning (pbl) pada materi syajaah untuk siswa Kelas XI IPS 1 di SMAN 1 Babat Lamongan. Other thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
LPTK 32. Ahmad Khoyin.pdf

Download (2MB)

Abstract

Berdasarkan fakta di lapangan khususnya di kelas XI IPS 1 SMA Negeri 1 Babat pada pembelajaran PAI, ternyata guru belum tepat memilih model pembelajaran bahkan belum mengetahui peran model yang dikaji dalam penelitian ini. Melihat kondisi tersebut, maka diperlukan suatu upaya untuk memperbaiki hasil belajar siswa melalui metode pembelajaran yang mampu meningkatkan keaktifan siswa, sehingga siswa tidak pasif mendengarkan guru, tetapi juga aktif memahami materi yang disampaikan. Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini adalah (1) Bagaimana penerapan model Problem Based Learning (PBL) yang dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada materi Syaja’ah untuk siswa kelas XI IPS 1 di SMAN 1 Babat Lamongan?. (2) Bagaimana peningkatan hasil belajar siswa pada materi Syaja’ah setelah penerapan model Problem Based Learning (PBL) untuk siswa kelas XI IPS 1 di SMAN 1 Babat Lamongan? Penelitian ini merupakan suatu Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan di kelas XI IPS 1 SMA Negeri 1 Babat tahun 2022 .Waktu penelitian direncanakan selama 2 bulan yaitu bulan November s/d Desember 2022. Penelitian ini dilakukan dalam 3 siklus yang masing-masing siklus terdiri dari 4 tahap yaitu : (1) Perencanaan tindakan, (2) Pelaksanaan tindakan, (3) Pengamatan atau observasi, (4) Analisis dan Refleksi. Adapun temuan penelitian adalah (1) Penerapan model Problem Based Learning (PBL) dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada materi Syaja’ah untuk siswa kelas XI IPS 1 di SMAN 1 Babat Lamongan, hal tersebut dapat dibuktikan pada Penerapan metode pembelajaran Problem Based Learning Siswa lebih bersemangat dalam mengikuti proses pembelajaran dan berperan aktif dalam kegiatan diskusi.(2) Peningkatan hasil belajar siswa pada materi Syaja’ah setelah penerapan model Problem Based Learning (PBL) untuk siswa kelas XI IPS 1 di SMAN 1 Babat Lamongan mengalami Peningkatan, hal ini dibuktikan dengan hasil belajar siswa dalam diskusi kelompok dan diskusi kelas mengalami peningkatan sebesar 12,5% ( 4 siswa) dari 64,70% ( 22 siswa) pada siklus pertama menjadi 76,47% (26 siswa) pada siklus kedua dan pada siklus ketiga mengalami peningkatan 20,59 % (7 Siswa) sehingga pada siklus Ketiga hasil belajar siswa meningkat menjadi 97,06% (33 siswa)

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Other)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Khoyin, AhmadUNSPECIFIED06050822367
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorYanti, Aning Widaaning.widayanti@uinsby.ac.id0007128007
Subjects: Pendidikan > Hasil Belajar
Keywords: Hasil belajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Profesi Guru (PPG)
Depositing User: Ainun Syarifah
Date Deposited: 06 Feb 2025 01:56
Last Modified: 06 Feb 2025 02:50
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/77289

Actions (login required)

View Item View Item