This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya
Faridah, Imro'atul (2009) Efektifitas metode Rote Learning dalam Ilmu Tajwid untuk meningkatkan keberhasilan membaca Al Quran dengan baik dan benar di SMA Negeri 2 Kota Mojokerto. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.
|
Text
Cover.pdf Download (64kB) | Preview |
|
|
Text
Abstrak.pdf Download (37kB) | Preview |
|
|
Text
Daftar Isi.pdf Download (45kB) | Preview |
|
|
Text
Bab 1.pdf Download (63kB) | Preview |
|
|
Text
Bab 2.pdf Download (121kB) | Preview |
|
|
Text
Bab 3.pdf Download (51kB) | Preview |
|
|
Text
Bab 4.pdf Download (151kB) | Preview |
|
|
Text
Bab 5.pdf Download (10kB) | Preview |
Abstract
Untuk mencapai tujuan pembelajaran adalah merupakan salah satu indikator kualitas pendidikan. Berangkat dari indikator diatas untuk itu perlu di upayakan pula perbaikan pada sistem pembelajaran. Pengajaran menghafal (rote learning) merupakan salah satu pendekatan terhadap pangajaran siswa akan strategi- dan metode belajar. Pengajaran menghafal adalah bagian dari model pembelajaran kebermaknaan, yang meliputi dua dimensi yaitu: Dimensi pertama belajar menerima (reception learning), dan (discovery learning. Sedangkan dimensi yang kedua yaitu dimensi menghafal (rote learning) dan belajar bermakna (meaningful learning). Sedangkan permasalahan utama yang diambil dalam penelitian ini adalah: Adakah efektifitas metode rote learning dalam ilmu tajwid untuk meningkatkan kemampuan membaca Al- Qur'an di SMA Negeri 2 Mojokerto, khususnya pada kelas XI IPA 2 Didalam penelitian ini peneliti menggunakan pendekatan kwantitatif dengan jenis penelitian pre eksperimental design yaitu penelitian yang menggunakan rancangan One group design pre-test dan post-test serta dilakukan pada satu kelas tanpa menggunakan kelompok pembanding dengan alasan bahwa antara masing- masing kelas tersebut dikatakan homogen karna sekolahan sudah diterapkan SBI, sedangkan alasan mengambil kelas yang diambil sebagai sampel itu adalah hasil dari diadakanya sampel acak sederhana (sample random sampling). Metode pengumpulan data dalam penelitian ini meliputi: Metode observasi, interview,dan test serta dokumentasi. Di dalam design ini observasi dilakukan sebanyak 2 kali yaitu sebagai pre- test dan post- test. Sedangkan untuk menganalisa data menggunakan analisis statistic deskriptif dan uji parametrik (uji paired test atau uji data berpasangan). Dari analisi hasil pengujian hipotesis telah diperoleh a). Metode rote learning dalam ilmu tajwid efektif dalam meningkatkan keberhasilan membaca Al-Qur'an.dapat diketahui dengan adanya kemampuan guru dalam mengelola pembelajaran rote learning mendapatkan nilai 3,3 dengan criteria nilai baik. b). Sedangkan dari hasil observasi kemampuan membaca siswa pada surat Al- isra': 26- 27 serta Al- Baqoroh: 177. yang menekankan pada hukum bacaan Al- ta'rif, hukum bacaan mad, dan Qolqolahnya secara keseluruhan siswa mendapatkan nilai rata- rata 3 dengan criteria nilai baik. 3). Metode rote learning ternyata sangat efektif digunakan pada mata pelajaran tajwid dalam meningkatkan kemampuan siswa membaca Al- Qur'an, hal tersebut dapat diketahui dalam ketuntasan belajar siswa baik secara individual maupun secara klasikal. Sehingga dengan adanya implementasi ini siswa dapat memahami, menguasai konsep- konsep serta mampu me re-call- nya kembali di medan baru pada saat dibutuhkan. Sehingga metode rote learning ini akan bermakna bagi siswa dan pendidik secara keseluruhan.
Statistic
Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Creators: |
|
||||||||
Contributors: |
|
||||||||
Subjects: | Pendidikan > Metode | ||||||||
Keywords: | Rote Learning | ||||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam | ||||||||
Depositing User: | Editor: Library Administrator----- Information-----http://library.uinsby.ac.id | ||||||||
Date Deposited: | 31 Oct 2009 | ||||||||
Last Modified: | 30 Sep 2024 02:09 | ||||||||
URI: | http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/7729 |
Actions (login required)
View Item |