Pengaruh metode Resitasi melalui World Wide Web terhadap motivasi belajar siswa pada bidang studi PAI siswa Kelas X di SMAN 7 Surabaya

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Indriyati, Husnul (2009) Pengaruh metode Resitasi melalui World Wide Web terhadap motivasi belajar siswa pada bidang studi PAI siswa Kelas X di SMAN 7 Surabaya. Undergraduate thesis, IAIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Cover.pdf

Download (475kB)
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (5kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf

Download (15kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 1.pdf

Download (62kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 2.pdf

Download (156kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 3.pdf

Download (51kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 4.pdf

Download (320kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 5.pdf

Download (13kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (6kB) | Preview

Abstract

Dalam proses pembelajaran keberadaan guru dan siswa merupakan dua faktor yang sangat penting dimana keduanya saling berkaitan. Kegiatan belajar siswa dapat dipengruhi oleh kegiatan mengajar guru, karena dalam proses pembelajaran guru mempunyai suatu peran yang penting dimana guru sebagai pendamping atau fasilitator. Salah satu masalah yang sering dihadapi oleh guru adalah meningkatkan aktivitas dan kreativitas dalam diri siswa untuk dapat belajar secara aktif, mandiri dan sadar, dimana supaya siswa tidak mengandalkan dari guru saja. Salah satu upaya yang harus dilakukan untuk meningkatkan aktivitas belajar siswa salah satunya guru menggunakan metode resitasi melalui World Wide Web. Masalah yang diteliti dalam sknipsi ini adalah (1) Bagaimanakah pelaksanaan metode resitasi melalui World Wide Web terhadap motivasi belajar siswa pada bidang PAI kelas X di SMAN 7 Surabaya. (2) Bagaimanakah motivasi belajar siswa pada bidang PAI di SMAN 7 Surabaya. (3) Bagaimanaka pengaruh metode resitasi melalui World Wide Web di SMAN 7 Surabaya. Dalam menjawab permasalahan tersebut peneliti menganalisa dengan pendekatan deskriptif kuantitatif dan menggunakan teknik pengumpulan data berupa angket, interview, observasi dan dokumentasi. Berdasarkan masalah tersebut diatas dan setelah dianalisa dapat disimpulkan bahwa: (1) Pelaksanaan metode World Wide Web terhadap motivasi belajar pada bidang studi PAI di SMAN 7 Surabaya adalah cukup, (2) Motivasi belajar siswa pada bidang studi PAI tergolong baik (3) Pengaruh metode World Wide Web terhadap motivasi belajar pada bidang studi PAI di SMAN 7 Surabaya berdasarkan analisis diperoleh r hitung 0.53 dengan jumlah responden 51, sedangkan r tabel pada taraf signifikansi 5 % adalah 0.281, jadi r hitung lebih besar dan pada r tabel. Berarti hipotesis alternatif (Ha) yang berbunyi adanya pengaruh metode resitasi melalui World Wide Web terhadap motivasi belajar siswa pada bidang PAI di SMAN 7 Surabaya diterima. Sedangkan hipotesis nihil (Ho) ditolak. Kemudian pengaruh metode resitasi melalui World Wide Web terhadap motivasi belajar siswa pada bidang PAI kelas X adalah cukup signifikan, hal ini berdasarkan tebel interpretasi nilai r, dimana r hitung 0.53 berada diantara 0,40 sampai dengan 0.70 yang berarti korelasinya cukup signifikan.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Indriyati, Husnul--UNSPECIFIED
Subjects: Metode Pembelajaran
Keywords: World Wide Web
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Editor: Library Administrator----- Information-----http://library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 31 Oct 2009
Last Modified: 07 Sep 2018 04:12
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/7732

Actions (login required)

View Item View Item