This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya
Megawati, Herna (2022) UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DALAM MENGENAL MALAIKAT DAN TUGASNYA MELALUI METODE MAKE A MATCH DI KELAS IV SD NEGERI 07 PAGARALAM. Other thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.
Text
LKPT139 Herna Megawati.pdf Download (1MB) |
Abstract
Penelitian ini dilatar belakang oleh hasil pengamatan yang dilakukan di SD Negeri 07 Pagaralam terhadap pembelajaran Agama Islam yang belum optimal. Siswa hanya mendengarkan dan mencatat penjelasan dari guru. Siswa cenderung pasif, meskipun ada materi yang belum jelas baginya. Hal itu terjadi karena sebagian siswa tidak memperhatikan saat pembelajaran. Pembelajaran masih bersifat teacher centered bukan student centered. Guru juga belum menerapkan berbagai model pembelajaran. Alasan utamanya karena 7 dengan metode konvensional yang biasa digunakan oleh guru selama ini, akan mempermudah dalam proses pembelajaran.tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dampak penggunaan metode make a match terhadap hasil belajar siswa dalam mengenal malaikat dan tugasnya di kelas IV SD Negeri 07 Pagaralam.Berdasarkan hasil penelitian tindakan kelas dalam Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran PAI dalam Mengenal Malaikat dan Tugasnya Melalui Metode Make a Match di Kelas IV SD N 07 Pagaralam, dapat ditarik kesimpulan sebagai berikut : 1. Penerapan metode Make a Match, mampu meningkatkan hasil belajar siswa, dikarenakan mudah, tidak menyulitkan, menyenangkan dlam permainan kartu dan tidak membosankan peserta didik, sehingga mereka dapat merespon materi pembelajaran sesuai tujuan pembelajaran yang diharapkan. 2. Sebelum menerapkan metode Make a match atau di prasiklus nilai rata-rata siswa hanya mencapai 58,28, namun setelah penerapan metode Make a Match dalam mengenal Malaikat dan tugasnya hasil belajar peserta didik kelas IV SD N 07 Pagaralam 2022/2023 mengalami peningkatan, siklus 1 dengan rata-rata nilai 66,14, dan diperbaiki lagi di Siklus 2 dan nilai rata-rata siswa meningkat dengan rata-rata nilai 77,71 dan kemudian diperbaiki lagi di siklus 3 dengan peningkatan rata-rata nilai sebesar 89,71. 3. Melalui penerapan metode Make a Match, pada siklus I, II dan III dapat diketahui tingkat ketercapaian Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM). pada prasiklus siswa yang tuntas hanya sebanyak 4 orang ( 11,43%), kemudian di perbaiki di siklus 1 jumlah siswa yang tuntas belajar meningkat sebanyak 16 siswa ( 45,71%), kemudian meningkat lagi pada siklus 2 dengan siswa yang tuntas belajar sebanyak 23 siswa (65,71%), dan pada siklus 3 mengalami peningkatan lagi dengan jumlah siswa yang tuntas belajar sebanyak 35 siswa (100%).
Statistic
Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.
Item Type: | Thesis (Other) | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Creators: |
|
||||||||
Contributors: |
|
||||||||
Subjects: | Pendidikan Pendidikan > Hasil Belajar Pendidikan > Metode |
||||||||
Keywords: | Hasil belajar; metode make a match | ||||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Profesi Guru (PPG) | ||||||||
Depositing User: | Ainun Syarifah | ||||||||
Date Deposited: | 04 Feb 2025 13:59 | ||||||||
Last Modified: | 04 Feb 2025 13:59 | ||||||||
URI: | http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/77338 |
Actions (login required)
View Item |