UPAYA MENINGKATKAN PEMAHAMAN FIKIH RUKUN ISLAM MELALUI METODE DISCOVERY LEARNING KELAS 1 MIS AL-IHSAAN LAWANG MALANG TAHUN 2022

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Zahro, Fatimatus (2022) UPAYA MENINGKATKAN PEMAHAMAN FIKIH RUKUN ISLAM MELALUI METODE DISCOVERY LEARNING KELAS 1 MIS AL-IHSAAN LAWANG MALANG TAHUN 2022. Other thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
LKPT141 Fatimatus Zahro.pdf

Download (1MB)

Abstract

Rumusan penelitian ini adalah 1. Bagaimana kemampuan siswa dalam pemahaman materi fikih rukun Islam di Madrasah Ibtidaiyah Swasta Lawang Malang? 2.Bagaimana penerapan pembelajaran Discovery Learning dalam materi fikih rukun Islam kelas 1 Madrasah Ibtidaiyah Swasta Al-Ihsaan Lawang 4 Malang? 3. Bagaimana peningkatan model pembelajaran Discovery Learning dalam materi fikih rukun Islam di Madrasah Ibtidaiyah Swasta Al-Ihsaan Lawang Malang?. adapun tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah sebagai berikut: 1. Untuk mengetahui bagaimana pemahaman pelaksanaan pembelajaran fikih rukun Islam di Madrasah Ibtidaiyah Swasta Al-Ihssan Lawang Malang. 2. Untuk mengetahui bagaimana penerapan fikih rukun Islam kelas 1 Madrasah Swasta Al-Ihsaan Lawang Malang setelah menggunakan model Discovery Learning. 3. Untuk mengetahui bagaimana peningkatan model pembelajaran Discovery Learning dalam pemahaman fikih rukun Islam di Madrasah Ibtidaiyah Swasta Al-Ihsaan Lawang Malang. Berdasarkan hasil tes yang telah dilaksanakam pada siklus I diperoleh nilai paling rendah oleh siswa pada saat pretest adalah 55, nilai tertinggi pada pretest adalah 85. Nilai terendah yang diperoleh siswa pada saat posttest adalah sebesar 60, nilai tertinggi pada saat posttest sebesar 100. Sedangkan dari hasil tes yang dilaksanakan pada siklus II diperoleh nilai paling rendah oleh siswa pada saat pretest adalah 45, nilai tertinggi pada pretest adalah 75. Nilai terendah yang diperoleh siswa pada saat posttest adalah sebesar 75, nilaitertinggi pada saat posttest sebesar 100 Dari hasil tes tersebut sebagian besar siswa hasil belajarnya meningkat. Dapat dilihat juga perbandingan nilai antara hasil pretest dan posttest pada siklus 2 mengalami kenaikan dimana hasil rata- rata pretest sebesar 58,1 meningkat pada saat posttest menjadi 88. Untuk hasil belajar siklus 2 diperoleh rata-rata N-Gain sebesar 0,71 atau 70%, ini berarti model pembelajaran discovery learning yang digunakan sudah efektif dalam meningkatkan hasil belajar sesuai dengan standar N Gain. Dengan demikian indikator keberhasilan penelitian ini sudah tercapai. Dari hasil-hasil tersebut membuktikan bahwa model pembelajaran discovery learning dengan metode-metode yang peneliti gunakan dapat meningkatkan prestasi siswa dalam ranah kognitif.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Other)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Zahro, FatimatusUNSPECIFIED06050822089
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorHanifah, Umiumihanifah@uinsa.ac.id2028097802
Subjects: Pendidikan
Pendidikan > Metode
Keywords: Meningkatkan pemahaman fiqih; metode discovery learning
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Profesi Guru (PPG)
Depositing User: Ainun Syarifah
Date Deposited: 04 Feb 2025 14:06
Last Modified: 04 Feb 2025 14:06
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/77346

Actions (login required)

View Item View Item