Penerapan strategi pembelajaran scramble untuk meningkatkan kemampuan membaca Al Quran surat Al Kafirun siswa Kelas VI SDN 2 Pagaralam

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Apriani, Apnes (2022) Penerapan strategi pembelajaran scramble untuk meningkatkan kemampuan membaca Al Quran surat Al Kafirun siswa Kelas VI SDN 2 Pagaralam. Other thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
LPTK 62. Apnes Apriani2.pdf

Download (1MB)

Abstract

LPTK ini bertujuan untuk Memberikan pengalaman baru bagi siswa berkaitan dengan proses belajar mengajar.2. Penelitian ini merupakan salah satu usaha untuk memperdalam dan memperluas ilmu pengetahuan guru. Hal ini juga merupakan salah satu inovasi dalam mengetahui perkembangan perkembangan yang terjadi dalam kegiatan pembelajaran Pendididikan Agama Islam khususnya materi QS Al Kafirun kelas VI semester 1 SD Negeri 2 Pagaralam. Berdasarkan hasil penelitian seperti disampaikan pada bab IV dapat disimpulkan bahwa melalui penerapan strategi pembelajaran Scramble, dapat meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur’an Agama siswa kelas V SDN 2 PagarAlam.Berdasarkan hasil observasi sebelum penerapan kemampuan membaca Al-Qur’an diperoleh persentase rata-rata 38,1% dengan kategori sangat rendah.Kemudian berdasarkam hasil observasi pada siklus pertama yang menunjukkan bahwa tingkat kemampuan membaca Al- Qur’an mencapai dengan persentase 53,8% dengan kategori Cukup. Sedangkan pada siklus II terjadi peningkatan kemampuan membaca Al-Qur’an siswa diperoleh angka 86,5%dengan katehori sangat tinggi. Keberhasilan ini dapai tercapai dipengaruhi oleh pengunaan model pembelajaran Scramble, aktivitas siswa menjadi lebih aktif yang berarti siswa cenderung positif dalam mengikuti proses pembelajaran yang diberikan oleh guru. Dengan demikian maka tingkat penerimaan siswa akan meningkat dan pada gilirannya dapat meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur’an.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Other)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Apriani, ApnesUNSPECIFIED060508220043
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorAM, Mukhilshahmukhlishah.bki@gmail.com2005056801
Subjects: Pendidikan > Strategi Belajar Mengajar
Keywords: Strategi pembelajaran
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Profesi Guru (PPG)
Depositing User: Ainun Syarifah
Date Deposited: 04 Feb 2025 15:25
Last Modified: 06 Feb 2025 04:19
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/77361

Actions (login required)

View Item View Item