Penerapan Model Discovery Learning Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Bagian-Bagian Tumbuhan dan Fungsinya Siswa Kelas IVC MIN 2 Kota Pasuruan

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Aini, Khurrin (2022) Penerapan Model Discovery Learning Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Bagian-Bagian Tumbuhan dan Fungsinya Siswa Kelas IVC MIN 2 Kota Pasuruan. Other thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
LPTK 65. Khurrin Aini.pdf

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini dibuat dengan latarbelakang masih rendahnya hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA kelas IV C MIN 2 Kota Pasuruan. Hal ini ditunjukkan dengan banyaknya nilai siswa yang belum mencapai KKM. Model Discovery Learning dapat menjadi alternatif untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Oleh karena itu peneliti tertarik untuk melakukan penelitian lebih lanjut mengenai model Discovery Learning dalam meningkatkan hasil belajar siswa. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan model pembelajaran Discovery Learning dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada materi Bagianbagian Tumbuhan dan Fungsinya di Kelas IVC MIN 2 Kota Pasuruan.. Jenis penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV C MIN 2 Kota Pasuruan. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah lembar observasi, tes, dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian, maka dapat diketahui bahwa dengan penerapanmodel Discovery Learning dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV C MIN 2 Kota Pasuruan dalam mata pelajaran IPA dari sebelum tindakan, siklus I, siklus II dan siklus III. Pada sebelum tindakan diketahui 10 siswa yang tuntas dengan ketuntasan klasikal 33,33%, pada siklus I diketahui 13 siswa yang tuntas dengan ketuntasan klasikal 46,43%, pada siklus II diketahui 19 siswa yang tuntas dengan ketuntasan klasikal 63,33%, pada siklus III diketahui 25 siswa yang tuntas dengan ketuntasan klasikal 83,33% . Dengan demikian dapat diambil kesimpulan bahwa dengan penerapan model Discovery Learning y dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV C MIN 2 Kota Pasuruan dalam mata pelajaran IPA pada materi bagian tumbuhan dan fungsinya.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Other)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Aini, KhurrinUNSPECIFIED06050822132
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorSutini, Sutinisutinimiskun@uinsby.ac.id2003017703
Subjects: Pendidikan > Hasil Belajar
Keywords: Hasil belajar;model pembelajaran
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Profesi Guru (PPG)
Depositing User: Ainun Syarifah
Date Deposited: 04 Feb 2025 15:27
Last Modified: 04 Feb 2025 15:27
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/77367

Actions (login required)

View Item View Item