This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya
Jannah, Fathul (2022) PENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA MELALUI PELAJARAN PAI DENGAN METODE MAKE A MATCH DI SDN 005 TANAH GROGOT TAHUN 2022. Other thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.
Text
LKPT149 Fathul Jannah.pdf Download (1MB) |
Abstract
Pendidikan Agama Islam merupakan bagian penting dalam Pendidikan. PendidikanAgama Islam harus dipelajari dan dipahami oleh umat islam karena sangat penting peranannya dalam kehidupan. Pendidikan Agama Islam mempunyai konsep-konsep yang akan mampu membentuk Akhlak Islami seseorang sesuai dengan Syari’at Agama Islam. Adapun tujuan dari penelitian tindakan kelas ini adalah untuk mendeskripsikan peningkatan prestasi belajar melalui model pembelajaran Make a Match pada materi kitab Allah membawa ajaran terpuji pada peserta didik kelas V SDN 005 TANAH GROGOT. Metode penelitian pada dasarnya merupakan cara ilmiah untuk mendapatkan data dengan tujuan dan kegunaan tertentu. Dalam penelitian ini peneliti menggunakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang bersifat kolaboratif dengan menggabungkan beberapa pihak, yaitu guru, peserta didik, dan peneliti sendiri. PTK dilakukan untuk memperoleh penemuan yang signifikan secara operasional, sehingga dapat digunakan ketika kebijakan digunakan. PTK digunakan untuk meneliti sebuah peristiwa tertentu untuk menemukan sebuah tindakan perbaikan atau perubahan ke arah lebih baik atau berkualitas. Berdasarkan hasil tes yang telah dilaksanakam dengan menerapkan strategi pembelajaran make a match pada pembelajaran Pendidikan Agama Islam materi mengenal kitab-kitab Allah selama 3 siklus, pada siklus I rata-rata kelas didapatkan 67,6 dengan prosentase ketuntasan 52,2% dimana siswa tuntas hanya sebanyak 12 siswa dan siswa tidak tuntas adalah 11 orang, Indikator keberhasilan Penelitian Tindakan Kelas belum tercapai, Oleh karena itu, Penelitian Tindakan Kelas akan dilanjutkan pada siklus berikutnya, siklus 2. pada siklus II rata-rata kelas didapatkan 77,2 dengan prosentase ketuntasan 69,6,% dimana siswa tuntas hanya sebanyak 16 siswa dan siswa tidak tuntas adalah 7 orang Oleh karena itu, Penelitian Tindakan Kelas akan dilanjutkan pada siklus berikutnya, siklus 3. pada siklus III rata-rata kelas didapatkan 78,5 dengan prosentase ketuntasan 100% dimana siswa tuntas hanya sebanyak 23 siswa dan siswa tidak tuntas adalah 0 orang. Dari hasil-hasil tersebut membuktikan bahwa model pembelajaran make a match dengan metode-metode yang peneliti gunakan dapatmeningkatkan prestasi peserta didik dalam ranah kognitif.
Statistic
Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.
Item Type: | Thesis (Other) | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Creators: |
|
||||||||
Contributors: |
|
||||||||
Subjects: | Pendidikan Pendidikan > Prestasi Belajar Pendidikan > Metode |
||||||||
Keywords: | Prestasi belajar; metode make a match | ||||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Profesi Guru (PPG) | ||||||||
Depositing User: | Ainun Syarifah | ||||||||
Date Deposited: | 04 Feb 2025 14:13 | ||||||||
Last Modified: | 04 Feb 2025 14:13 | ||||||||
URI: | http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/77373 |
Actions (login required)
View Item |