UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MELALUI MODEL PICTURE AND PICTURE TEMA MENYAYANGI TUMBUHAN DAN HEWAN PADA SISWA KELAS III MIS AL FALAH KUNCUNG NGORO JOMBANG

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Absor, Achmad Turikhul (2022) UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MELALUI MODEL PICTURE AND PICTURE TEMA MENYAYANGI TUMBUHAN DAN HEWAN PADA SISWA KELAS III MIS AL FALAH KUNCUNG NGORO JOMBANG. Other thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
LKPT150 Achmad Turikhul Absor.pdf

Download (773kB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh hasil observasi dan wawancara dengan guru kelas III di Madrasah Ibtidaiyah Al Falah Kuncung ditemukan masalah-masalah dalam pembelajaran Tematik yaitu: Guru masih mendominasikan pembelajaran dengan metode konvensional yaitu ceramah sehingga siswa menjadi pasif, ada beberapa siswa yang masih sibuk bermain sendiri dan kurang memperhatikan penjelasan guru, kurangnya memberikan kesempatan kepada siswa untuk mengeluarkan pendapat, dalam pembelajaran guru masih kurang mengoptimalkan media belajar dalam pembelajaran. Dan dilihat dari nilai pelajaran Tematik belum menunjukkan hasil yang maksimal. Yang mana dari 20 siswa tersebut, diketahui hasil belajar bahasa Indonesia yang sebagaian belum tuntas mencapai nilai KKM yakni 80, sebanyak 15 siswa dengan persentase 66,55%. Dengan demikian hanya ada 18 siswa yang mencapai nilai KKM dengan persentase 40,5%. Berdasarkan data tersebut dapat disimpulkan bahwa hasil belajar siswa dikatakan masih rendah. tujuan penelitian ini adalah 1. Untuk mengetahui penggunaan model pembelajaran picture and picture dapat meningkatkan hasil belajar pada tema menyayangi tumbuhan dan hewan pada siswa kelas III MIS Al Falah Kuncung Ngoro Jombang 2. Untuk mengetahui peningkatan hasil belajar pada tema menyayangi tumbuhan dan hewan dengan menggunakan model pembelajaran picture and picture pada siswa kelas III MIS Al Falah Kuncung Ngoro Jombang. Berdasarkan hasil penelitian tindakan kelas yang telah dilakukan sebanyak tiga siklus dapat disimpulkan bahwa melalui penerapan Model Coopearive Learning tipe picture and picture dalam meningkatkan hasil Belajar pada kelas III di Madrasah Ibtidaiyah Al Falah Kuncung Ngoro Jombang dapat diterapkan dengan baik dalam pembelajaran tersebut. Hal ini dapat dilihat dengan adanya peningkatan aktivitas pembelajaran pada siklus I sampai siklus III yang dapat ditunjukkan dengan meningkatnya nilai observasi aktivitas siswa dan guru dalam pembelajaran, yaitu 73 pada siklus I, 78 pada siklus II, 84 pada siklus III dan aktivitas guru diperoleh nilai 56 pada siklus I , 71 pada siklus II, dan 87 pada siklus III. Peningkatan Hasil Belajar kelas III di Madrasah Ibtidaiyah Al Falah Kuncung Ngoro Jombang dengan Model Cooperative Learning tipe picture and picture juga telah berhasil dilakukan. Peningkatan Hasil Belajar ditunjukkan dengan hasil yang diperoleh dari siklus I sebesar 59 %, siklus II sebesar 74 %, dan siklus III sebesar 92 %. . B. SARAN Peneliti penyampaikan saran untuk beberapa pihak yang terkait dalam meningkatkan Hasil Belajar Tema 2 Subtema 3 Pembelajaran 2 pada siswa kelas III di Madrasah Ibtidaiyah Al Falah Kuncung Ngoro Jombang dengan menggunakan Model picture and picture sebagai berikut: 1. Guru a. Memberikan motivasi kepada siswa untuk aktif mengikuti pembelajaran dengan menerapkan Model Cooperative Learning tipe picture and picture dalam meningkatkan Hasil Belajar Siswa. b. Mengevaluasi kekurangan dan kelebihan penerapan Model Cooperative Learning tipe picture and picture dalam meningkatkan Hasil Belajar Siswa. 2. Siswa a. Kepada siswa hendaknya aktif bertanya jika mengalami kesulitan dalam Dari keseluruhan tindakan pada penelitian tindakan kelas dalam upaya meningkatkan Hasil Belajar kelas III di Madrasah Ibtidaiyah Al Falah Kuncung Ngoro Jombang dapat dikatakan berhasil karena telah memenuhi indikator kinerja yang ditetapkan peneliti sebelumnya.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Other)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Absor, Achmad TurikhulUNSPECIFIED06050822012
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorSutini, Sutinisutinimiskun@uinsby.ac.id2003017703
Subjects: Pendidikan
Pendidikan > Hasil Belajar
Keywords: Hasil belajar; model picture and picture
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Profesi Guru (PPG)
Depositing User: Ainun Syarifah
Date Deposited: 04 Feb 2025 14:14
Last Modified: 04 Feb 2025 14:14
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/77376

Actions (login required)

View Item View Item