Peningkatan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Menguraikan Syarat Sah Puasa Melalui Metode Discovery Learning Kelas V SDN 001 Batu Engau

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Sahid, Abdus (2022) Peningkatan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Menguraikan Syarat Sah Puasa Melalui Metode Discovery Learning Kelas V SDN 001 Batu Engau. Other thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
LPTK 74. - Abdus sahid.pdf

Download (1MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan upaya meningkatkan kemampuan menguraikan syarat sah puasa ramadahan melalui model pembelajaran discovery learning bagi siswa Kelas V SDN 001 Batu Engau. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Metode ini dilakukan dengan empat tahap, yaitu perencanaan,tindakan, pengamatan, dan refleksi. Keempat tahap tersebut terdapat dalam satu siklus yang dilakukan berulang dengan langkah-langkah yang sama dan tetap difokuskan pada cara penyelesaian masalah (jawaban) dengan menemukan sendiri, menyelidiki sendiri serta pencarian informasi dengan menggunakan model pembelajaran discovery learning. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa prestasi belajar siswa dengan menggunakan metode discovery learning ini mengalami peningkatan. Berdasarkan hasil tes yang telah dilaksanakam dengan menerapkan strategi pembelajaran Discovery Learning diperoleh peningkatan nilai rata-rata prestasi belajar peserta didik adalah 25,93 % dari saat pretest 66.67 % menjadi 92,60 % saat posttest dan persentase ketidak tuntasan belajar menurun sebanyak 25.93 % dari saat pretest 33,33 % menjadi 7,40 % saat posttest. Dengan demikian indikator keberhasilan penelitian ini sudah tercapai. Dari hasil-hasil tersebut membuktikan bahwa model pembelajaran discovery learning dengan metode-metode yang peneliti gunakan dapat meningkatkan prestasi siswa dalam ranah kognitif

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Other)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Sahid, AbdusUNSPECIFIED06050822009
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorSyarifah, Ainunainunsyarifah@uinsby.ac.id2012067802
Subjects: Pendidikan > Hasil Belajar
Keywords: Hasil belajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Profesi Guru (PPG)
Depositing User: Ainun Syarifah
Date Deposited: 04 Feb 2025 15:35
Last Modified: 04 Feb 2025 15:35
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/77383

Actions (login required)

View Item View Item