This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya
Winardi, Aris (2022) PENGGUNAAN BLOCK DIENES UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PERKALIAN KOMUTATIF PADA SISWA KELAS 3 MI GUPPI SEKAR KECAMATAN DONOROJO KABUPATEN PACITAN. Other thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.
![]() |
Text
LKPT152 Aris Winardi.pdf Download (1MB) |
Abstract
Pembelajaran Matematika di tingkat sekolah dasar bertujuan untuk mengembangkan kemampuan menggunakan Matematika dalam pemecahan masalah dan menkomunikasikan ide atau gagasan dengan menggunakan symbol, table, diagram dan media lain. Sehubungan dengan pencapaian hal tersebut maka diberikan pembelajaran tentang geometrid an pengukuran, pengolahan data dan bilangan. Ada berbagai macam bilangan yang dipelajari di MI Guppi Sekar Kecamatan Donorojo Kabupaten Pacitan salah satunya adalah bilangan bulat. Kurang berhasilnya siswa kelas III dalam menyelesaikan operasi perkalian bilangan bulat adalah konsep pengerjaan perkalian. Hal ini dikarenakan siswa masih kesulitan dalam menghitung hasil perkalian. Pengetahuan yang dimiliki hanya bersifat hafalan sehingga ketika lupa maka siswa kesulitan untuk mengerjakannya. Tujuan perbaikan pembelajaran ini adalah sebagai berikut, (1) Mendeskripsikan perencanaan pembelajaran Matematika sebagai upaya meningkatkan kemampuan menyelesaikan perkalian dengan menggunakan Block Dienes pada siswa kelas III MI Guppi Sekar Kecamatan Donorojo Kabupaten Pacitan, (2) Mendeskripsikan implementasi pembelajaran Matematika sebagai upaya meningkatkan kemampuan menyelesaikan perkalian dengan menggunakan Block Dienes pada siswa kelas III MI Guppi Sekar Kecamatan Donorojo Kabupaten Pacitan, dan (3) Mendeskripsikan hasil belajar dari pembelajaran Matematika sebagai upaya meningkatkan kemampuan menyelesaikan perkalian dengan menggunakan Block Dienes pada siswa kelas kelas III MI Guppi Sekar Kecamatan Donorojo Kabupaten Pacitan. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian tindakan kelas (PTK) kolaboratif. Subyek penelitiannya semua siswa kelas III MI Guppi Sekar Kecamatan Donorojo Kabupaten Pacitan sebanyak 52 siswa. Pengumpulan data melalui catatan lapangan, hasil belajar dan dokumentasi. Adapun hasil dari perbaikan pembelajarannya adalah sebagai berikut (1) Perencanaan pembelajaran perkalian bilangan bulat dua angka di MI Guppi Sekar Kecamatan Donorojo Kabupaten Pacitan dirumuskan dengan memperhatikan aspek materi yang diajarkan, kesesuaian media, metode yang digunakan, sumber pembelajaran yang tepat serta perumusan kegiatan pembelajaran yang bersifat student centris serta penilaian berdasarkan materi, (2) Implementasi pembelajaran perkalian bilangan bulat dua angka dapat menggunakan media Block Dienes untuk mempermudah dalam menyelesaikannya, dan (3)Hasil pembelajaran menyelesaikan perkalian bilangan bulat dua angka menggunakan media Block Dienes mengalami peningkatan 12,01 % yaitu pada siklus I 64,25, pada siklus II 70,8 sedangkan pada siklus III 77,68. Saran yang dapat disampaikan adalah sebagai berikut (1) Bagi guru, dalam pembelajaran Matematika khususnya perkalian bilangan bulat diharapkan menggunakan media pembelajaran yang sesuai dan konkrit sehingga siswa muda mengerjakannya, (2) Bagi siswa, dalam menyelesaikan perkalian bilangan bulat dua angka diharapkan lebih teliti sehingga tidak terjadi kesalahan dalam penghitungan dan (3) Bagi sekolah, diharapkan dapat memfasilitasi pelaksanaan pembelajaran sehingga kompetensi yang diharapkan tercapai.
Statistic
Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.
Item Type: | Thesis (Other) | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Creators: |
|
||||||||
Contributors: |
|
||||||||
Subjects: | Pendidikan Pendidikan > Hasil Belajar |
||||||||
Keywords: | Hasil belajar; perkalian komutatif; block dienes | ||||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Profesi Guru (PPG) | ||||||||
Depositing User: | Ainun Syarifah | ||||||||
Date Deposited: | 04 Feb 2025 14:22 | ||||||||
Last Modified: | 04 Feb 2025 14:22 | ||||||||
URI: | http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/77398 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |