This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya
Mahmudah, Siti Durotul (2022) Peningkatan keaktifan belajar siswa Kelas VII pada mata pelajaran Al Quran Hadis dengan model pembelajaran discovery learning di MTs SA Ischaqiyyah Nganjuk. Other thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.
![]() |
Text
LPTK 78. Durrotul Mahmudah.pdf Download (728kB) |
Abstract
Latar belakang yang mendasari penelitian ini adalah rendahnya keaktifan belajar siswa pada mata pelajaran al-Qur’an hadis di MTS SA Ischaqiyyah. Guru masih menggunakan metode konvensional dalam mengajar seperti menggunakan metode ceramah dalam pelajaran al-Qur’an hadis. Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: (1) Bagaimana proses peningkatan keaktifan siswa kelas VII pada mata pelajaran al-Qur’an hadist dengan model pembelajaran discovery learning di MTS SA Ischaqiyyah Nganjuk? (2) Bagaimana hasil peningkatan keaktifan belajar siswa kelas VII pada mata pelajaran al-Qur’an hadis dengan model pembelajaran Discovery learning di MTS SA Ischaqiyyah Nganjuk Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (classroom action research) dengan menggunakan model Kurt Lewin yang terdiri dari 2 siklus dengan menggunakan 4 tahapan yaitu Perencanaan, Tindakan, Pengamatan, dan Refleksi. Teknik pengumpulan data yang digunakan peneliti yaitu observasi, wawancara, tes dan dokumentasi. Hasil penelitian dari siklus I dan siklus II dapat disimpulkan sebagai berikut:(1) Penerapan pembelajaran discovery learning berjalan dengan baik melalui perbaikan pada tahap refleksi di setiap siklus. Hal tersebut dibuktikan dengan hasil peningkatan aktifitas guru dan aktifitas peserta didik dari siklus I ke siklus II. Pada siklus I aktifitas guru memperoleh nilai 75 dengan kategori cukup, kemudian pada pada siklus II meningkat menjadi 82,5 dengan kategori sangat baik. Sedangkan nilai aktifitas peserta didik pada siklus I yaitu 60 dengan kategori baik, dan pada siklus II meningkat menjadi 87,5 dengan kategori sangat baik. (2) Peningkatan keaktifan siswa pada mata pelajaran Al- Qur’an Hadits dengan model pembelajaran discovery learning mendapatkan nilai rata-rata hasil tes pada siklus I 76,3, dengan kategori baik, dan pada siklus II meningkat menjadi 86 dengan kategori sangat baik. Sedangkan persentase ketuntasan belajar siswa pada siklus I mendapatkan 76,37%, dengan kategori baik, dan pada siklus II meningkat menjadi 86,94% dengan kategori sangat baik.
Statistic
Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.
Item Type: | Thesis (Other) | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Creators: |
|
||||||||
Contributors: |
|
||||||||
Subjects: | Pendidikan > Pembelajaran | ||||||||
Keywords: | Keaktifan siswa | ||||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Profesi Guru (PPG) | ||||||||
Depositing User: | Ainun Syarifah | ||||||||
Date Deposited: | 04 Feb 2025 15:39 | ||||||||
Last Modified: | 06 Feb 2025 04:09 | ||||||||
URI: | http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/77409 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |