This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya
Junaidi, Akh Makhfud (2022) Upaya Meningkatkan Keterampilan Menghafal Al-Qur’an Surat AlBalad Ayat 1-10 Menggunakan Strategi Mendengarkan dan Mengikuti Murattal Menggunakan Media (Audio Visual) Secara Berulang-Ulang pada Peserta Didik Kelas VII MTsN 3 Pamekasan. Other thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.
![]() |
Text
LPTK 82. Akh Makhfud.pdf Download (1MB) |
Abstract
Berdasarkan data hasil evaluasi belajar siswa tentang hasil belajar mata pelajaran Al-Qur’an Hadis dapat diketahui bahwa Keterampilan menghafal Al-Qur’an surat-surat pendek (QS. Al-Balab 1-10) Kelas VII MTsN 3 Pamekasan masih rendah. Hal ini dapat diamati dari nilai hasil evaluasi belajar siswa mata pelajaran Al-Qur’an Hadis bahwa yang mencapai KKM sebesar 54,54% Padahal KKM yang ditentukan adalah 72. Nilai tersebut dapat mengidentifikasikan bahwa siswa Kelas VII MTsN 3 Pamekasan mengalami kesulitan dalam teknik keterampilan menghafal Al-Qur’an surat-surat pendek (QS. AlBalab 1-10) dengan benar. Disamping itu pengajar menyadari bahwa metode pembelajaran yang dilakukan masih bersifat abstrak karena dalam memberikan penjelasan dilakukan secara singkat. Berdasarkan hasil diskusi antara pengajar dan teman sejawat dan refleksi terhadap masalah tersebut disepakati bahwa pemecahan masalah akan dilakukan dengan menggunakan metode Mendengarkan Dan Mengikuti Murattal Dengan Menggunakan Multi Media (Audio Visual) Secara Beulang-Ulang, Penelitian ini menggunakan rancangan Penelitian Tindakan Kelas yang terdiri dari dua siklus. Pada masing- masing siklus dilakukan tahap perencanaan, pelaksanaan tindakan, pengamatan, dan refleksi. Subyek penelitian menggunakan Kelas VII Sain MTsN 3 Pamekasan Hasil penelitian dapat diketahui bahwa : Pertama, Peningkatan hasil belajar peserta didik Kelas VII Sain MTsN 3 Pamekasan pada mata pelajaran Al Quran Hadis telah tercapai; Kedua, Penerapan metode pembelajaran dengan Mendengarkan Dan Mengikuti Murattal Dengan Menggunakan Multi Media (Audio Visual) Secara BeulangUlang, sangat efektif bagi tercapainya tujuan pembelajaran yang akan dicapai terbukti banyak peningkatan hasil belajar mulai kegiatan siklus 1 .
Statistic
Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.
Item Type: | Thesis (Other) | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Creators: |
|
||||||||
Contributors: |
|
||||||||
Subjects: | Pendidikan > Hafalan | ||||||||
Keywords: | Ketrampilan menghafal | ||||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Profesi Guru (PPG) | ||||||||
Depositing User: | Ainun Syarifah | ||||||||
Date Deposited: | 04 Feb 2025 15:46 | ||||||||
Last Modified: | 04 Feb 2025 15:46 | ||||||||
URI: | http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/77413 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |