STRATEGI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN FIQIH PENGURUSAN JENAZAH KELAS X DIMA MIFTAHUL ULUM KANIGORO PAGELARAN MALANG.

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Mukhlis, Mukhlis (2022) STRATEGI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN FIQIH PENGURUSAN JENAZAH KELAS X DIMA MIFTAHUL ULUM KANIGORO PAGELARAN MALANG. Other thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
LKPT154 Mukhlis.pdf

Download (727kB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi Berdasarkan hasil observasi awal pada hari Sabtu, 28 September 2019 hasil belajar siswa pada mata pelajaran Pengurusan jenazah makin rendah. Nilai rata-rata ujian siswa pada mata pelajaran Pengurusan jenazah adalah 67 dengan nilai tertinggi 85 dan terendah 55. Jumlah siswa yang tuntas sebanyak 63% (19 siswa) dan siswa yang tidak tuntas 37% (11 siswa). Sedangkan nilai KKM (Kriteria Ketuntasan Minimum) yang harus dicapai siswa adalah 75.8Hal ini disebabkan oleh guru menggunakan metode ceramah yang monoton,sehingga menyebabkan siswa kesulitan untuk memahami materi dan terkadang terdapat siswa yang mengantuk pada saat pembelajaran berlangsung.Adapun rumusan maslah pada penelitian ini adalah “Bagaimanakah Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Masalah untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran materi fiqih Pengurusan jenazah MA Miftahul Ulum Kelas 10. hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran berbasis masalah dapat meningkatkan aktivitas belajar guru dan siswa serta hasil belajar siswa pada mata pelajaran Fiqih kelas X di MA Miftahul Ulum Kanigoro tahun Pelajaran 2022-2023Hal ini dapat dilihat dari peningkatan hasil observasi aktivitas guru pada siklus pertama mencapai 66% meningkat pada siklus kedua menjadi 83%. Observasi aktivitas belajar siswa pada siklus pertama mencapai 64% meningkat pada siklus kedua menjadi 80%. Sedangkan pada aspek hasil belajar terjadi peningkatan ketuntasan individu dari 20 orang pada siklus I (66,66%) menjadi (86,66%) pada siklus II. Demikian juga terjadi peningkatan ketuntasan klasikal pada siklus pertama dengan ketuntasan belajar mencapai 66,66% mengalami peningkatan dengan ketuntasan belajar mencapai 86,66% pada siklus II. Berdasarkandata di atas menunjukkan bahwa model pembelajaran berbasis masalah dapat meningkatan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Fiqih kelas di MA Miftahul Ulum Kanigoro Malang Tahun Pelajaran 2022/2023 sesuai dengan teori Johnson yang menyakatan bahwa PBL dapat meningkatkan hasil belajar (kognitif, afektif dan psikomotor) dan kemampuan berfikir tingkat tinggi.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Other)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Mukhlis, MukhlisUNSPECIFIED06050822195
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorHanifah, Umiumihanifah@uinsa.ac.id2028097802
Subjects: Pendidikan
Pendidikan > Hasil Belajar
Keywords: Model pembelajaran berbasis masalah; hasil belajar; tata cara pengurusan jenazah
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Profesi Guru (PPG)
Depositing User: Ainun Syarifah
Date Deposited: 04 Feb 2025 14:24
Last Modified: 04 Feb 2025 14:24
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/77421

Actions (login required)

View Item View Item