This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya
Rahmani, Rahmani (2024) IMPLEMENTASI MODEL COOPERATIVE LEARNING DENGAN TIPE SCRAMBLE UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN AL-QUR’AN HADITS MATERI POKOK MEMAHAMI ARTI DAN ISI KANDUNGAN SURAH AL-MA’UN DI KELAS IV SEMESTER GANJIL MIN 15 HULU SUNGAI UTARA TAHUN PELAJARAN 2023-2024. Other thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.
![]() |
Text
LKPT165 Rahmani.pdf Download (3MB) |
Abstract
Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar siswa kelas IV MIN 15 Hulu Sungai Utara pada mata pelajaran Al-Qur’an Hadits materi pokok memahami arti dan isi kandungan Q.S. Al-Ma’un. Proses pembelajaran masih berpusat pada guru dan aktivitas peserta didik hanya mendengarkan guru ceramah dan metode pembelajaran yang digunakan guru menoton. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hasil belajar siswa, aktivitas belajar siswa, dan aktivitas guru dengan menggunakan model cooperative learning dengan Tipe Scramble, yang dilaksanakan pada semester ganjil tahun pelajaran 2023/2024. Sebagai subjek penelitian adalah peserta didik kelas IV MIN 15 Hulu Sungai Utara Kecamatan Amuntai Selatan Kabupaten HSU yang berjumlah 17 peserta didik (9 laki- laki dan 8 perempuan). Penelitian tindakan kelas ini berlangsung dalam 2 siklus. Adapun sumber data diperoleh melalui guru dan peserta didik dengan teknik pengumpulan data melalui observasi dan tes yang kemudian dianalisis secara deskriftif kualitatif dan kuantitatif. Analisis data yang digunakan adalah teknik distribusi, frekuensi, persentase, dan interpretasi. Pemilihan model cooperative learning tipe Scramble karena model ini dapat membuat peserta didik lebih aktif dalam pembelajaran dan berdiskusi secara berkelompok dalam menyelesaikan tugas. Setelah dilaksanakan tindakan kelas, penelitian menunjukkan bahwa penerapan model cooperative learning tipe Scramble secara bertahap dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik dalam memahami arti dan isi kandungan Q.S. Al-Ma’un. Pada siklus I dengan persentase nilai rata-rata peserta didik 85,29 %,. Kemudian pada siklus II mengalami peningkatan dengan persentase nilai rata-rata yang dicapai 90 %.
Statistic
Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.
Item Type: | Thesis (Other) | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Creators: |
|
||||||||
Contributors: |
|
||||||||
Subjects: | Pendidikan Pendidikan > Hasil Belajar |
||||||||
Keywords: | Pembelajaran kooperatif tipe scramble; hasil belajar | ||||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Profesi Guru (PPG) | ||||||||
Depositing User: | Ainun Syarifah | ||||||||
Date Deposited: | 04 Feb 2025 14:37 | ||||||||
Last Modified: | 04 Feb 2025 14:37 | ||||||||
URI: | http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/77437 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |