PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATERI HIDUP BERSIH DAN SEHAT MELALUI PENERAPAN METODE PICTURE AND PICTURE PADA SISWA KELAS II SDN TANAH KALIKEDINDING II/252 SURABAYA

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Nizar, Nur Indah (2022) PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATERI HIDUP BERSIH DAN SEHAT MELALUI PENERAPAN METODE PICTURE AND PICTURE PADA SISWA KELAS II SDN TANAH KALIKEDINDING II/252 SURABAYA. Other thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
LKPT166 Nur Indah Nizar.pdf

Download (4MB)

Abstract

Penelitian Tindakan Kelas pada siswa kelas II SDN Tanah Kalikedinding II/252 Surabaya yang dilatarbelakangi observasi awal yang menunjukan rendahnya hasil belajar siswa, dapat dilihat berdasarkan nilai rata-rata hasil tes ulangan harian siswa pada pokok bahasan hidup bersih dan sehat yaitu 70. Rata-rata nilai tersebut di bawah kriteria ketuntasan minimal (KKM) yang ditetapkan sekolah yaitu 80. Hal ini menunjukkan masih rendahnya hasil belajar siswa pada materi hidup sehat terutama saat penilaian hafalan hadits kebersihan. Oleh karena itu metode pembelajaran yang dapat meningkatkan hasil belajar siswa adalah model pembelajaran picture a picture. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui keterlaksanaan metode pembelajaran picture a picture dalam upaya meningkatkan hasil belajar siswa pada setiap siklus, dan mengetahui motivasi belajar siswa di kelas II SDN Tanah Kalikedinding II/252 Surabaya melalui penerapan metode picture a picture pada materi hidup bersih dan sehat. Metode penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian dilaksanakan dalam tiga siklus, tiap siklus terdiri atas perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian ini dilakukan pada siswa kelas II SDN Tanah Kalikedinding II/252 Surabaya sejumlah 28 siswa. Pengumpulan data yang digunakan penelitian ini adalah data kuantitatif dan kualitatif. Data kualitatif berupa lembar observasi keterlaksanaan metode pembelajaran picture a picture, dan lembar wawancara dengan guru dan siswa. Sedangkan data kuantitatif berupa data nilai yang didapat dari evaluasi pembelajaran setiap siklus. Data prosentase keterlaksanaan metode pembelajaran yang diperoleh dari jumlah jawaban 1) Ya dan Tidak pada lembar observasi, 2) hasil wawancara dengan guru dan siswa 3) peningkatan hasil belajar yang diperoleh dari hasil pretest dan posttest hasil belajar siswa dengan menggunakan metode pembelajaran picture a picture. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini antara lain: 1) keterlaksanaan metode picture a picture pada materi hidup bersih dan sehat berkategori sangat baik, 2) hasil belajar siswa pada materi hidup bersih dan sehat setiap siklus mengalami peningkatan di atas nilai KKM yaitu 80, setelah diterapkan metode pembelajaran picture a picture. Hasil belajar siswa pada siklus I adalah 70 dengan prosentase ketuntasan siswa sebesar 17,8 % (rendah). Hasil belajar siswa pada siklus II adalah 80 dengan prosentase ketuntasan siswa sebesar 67,8 %. Hasil belajar siswa pada siklus III adalah 87,7 dengan prosentase ketuntasan siswa sebesar 92,8 % Hal ini menunjukkan adanya peningkatan dari siklus I ke siklus II dan siklus II ke siklus III. Motivasi belajar siswa melalui penerapan metode pembelajaran picture a picture pada materi hidup bersih dan sehat dengan nilai rata-rata 87,7 % kategori tinggi. Penerapan metode pembelajaraan picture a picture dapat meningkatkan keaktifan siswa dalam belajar, dan dapat membantu siswa agar tetap terfokus dan siap siaga dalam berbagai situasi pembelajaran yang sedang terjadi sehingga terjadi peningkatan ketuntasan hasil belajar.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Other)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Nizar, Nur IndahUNSPECIFIED06050822634
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorMansyuri, Arifmansyuri@uinsby.ac.id0730037901
Subjects: Pendidikan
Pendidikan > Hasil Belajar
Pendidikan > Metode
Keywords: Metode pembelajaran picture a Ppicture; hasil belajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Profesi Guru (PPG)
Depositing User: Ainun Syarifah
Date Deposited: 04 Feb 2025 14:38
Last Modified: 04 Feb 2025 14:38
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/77440

Actions (login required)

View Item View Item