MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS V PADA MATERI OPERASI HITUNG PECAHAN MELALUI MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS VR DI MIN MOROWALI UTARA

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Arifin, Syamsudin (2023) MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS V PADA MATERI OPERASI HITUNG PECAHAN MELALUI MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS VR DI MIN MOROWALI UTARA. Other thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
LKPT170 Syamsudin Arifin.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh hasil pengamatan dan informasi yang penulis peroleh dari pendidik dan peserta didik kelas V diketahui bahwa masih banyak siswa yang mengalami kesulitan dalam mata pelajaran matematika khususnya pada materi operasi hitung pecahan. Hal ini diperkuat lagi dengan nilai matematika peserta didik pada materi tersebut selama 2 tahun terakhir belum menandakan adanya peningkatan. Pembelajaran matematika di kelas V di MIN Morowali Utara telah lama menjadi fokus perhatian bagi para pendidik dan pihak terkait. Sehingga senantiasa dilakukan perbaikan-perbaikan dalam setiap pembelajaran. Tujuan dari penelitian ini antara lain: 1. Untuk meningkatkan pemahaman peserta didik kelas 5 di MIN Morowali Utara dalam materi operasi hitung pecahan dengan menggunakan media pembelajaran berbasis VR. 2. Meningkatkan minat belajar peserta didik terhadap materi operasi hitung pecahan dengan mengadopsi pendekatan pembelajaran yang lebih interaktif dan menarik. 3. Mengevaluasi efektivitas media pembelajaran berbasis VR dalam meningkatkan hasil belajar peserta didik dibandingkan dengan pendekatan konvensional. 4. Mengembangkan kemampuan berpikir kritis peserta didik dalam materi operasi hitung pecahan dengan menggunakan media pembelajaran berbasis VR. 5. Memberikan dukungan kepada pendidik dalam menghadapi tantangan dalam menggunakan media pembelajaran yang baru. 6. Mengukur perubahan yang terjadi dalam hasil belajar peserta didik setelah menggunakan media pembelajaran berbasis VR pada materi operasi hitung pecahan di kelas 5 7. Menilai apakah media pembelajaran berbasis VR dapat diperluas ke materi matematika lainnya atau kelas lain di MIN Morowali Utara.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Other)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Arifin, SyamsudinUNSPECIFIED06250822640
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorRakhmawati, Rakhmawatithestarone_777@yahoo.com197803172009122002
Subjects: Pendidikan
Pendidikan > Media
Pendidikan > Hasil Belajar
Keywords: Hasil belajar; media pembelajaran berbasis VR
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Profesi Guru (PPG)
Depositing User: Ainun Syarifah
Date Deposited: 04 Feb 2025 14:41
Last Modified: 04 Feb 2025 14:41
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/77449

Actions (login required)

View Item View Item