This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya
Nurmiati N, Nurmiati N (2024) PENERAPAN PENDEKATAN TPACK UNTUK MENINGKATKAN MINAT BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI KELAS II SD NEGERI 31 LAU. Other thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.
![]() |
Text
LKPT175 Nurmiati N.pdf Download (1MB) |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh hasil pengamatan selama di kelas II SD NEGERU 31 LAU, masih banyak peserta didik yang hasil belajar Pendidikan Agama Islamnya masih rendah, ini disebabkan karena minat belajar dan aktivitas peserta didik dalam pembelajaran Pendidikan Agama islam masih sangat kurang sehingga berpengaruh terhadap pemahaman peserta didik terhadap materi pelajaran. Tujuan dalam penelitian ini adalah sebagai berikut: 1. Untuk mengetahui bagaimana penerapan pendekatan TPACK (Technological Pedagogical And Content Knowledge) dalam meningkatkan minat belajar peserta didik pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di kelas II SD Negeri 31 Lau. 2. Untuk mengetahui bagaimana hasil penerapan pendekatan TPACK (Technological Pedagogical And Content Knowledge) dalam meningkatkan minat belajar peserta didik pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di kelas II SD Negeri 31 Lau. hasil penelitian ini dapat disimpulkan sebagai berikut: 1. Penerapan pendekatan TPACK (Technological Pedagogical Content Knowledge) adalah pendekatan pembelajaran dengan mengintegrasikan perkembangan teknologi dan pedagogik untuk mengembangkan konten- konten dalam dunia pendidikan. Adapun prosedur pelaksanaan penerapan pendekatan TPACK yang telah diterapkan di SD Negeri 31 Lau Kec. Sanrobone Kab. Takalar terdiri dari kegiatan pendahuluan, kegiatan initi, dan kegiatan penutup. Dalam penerapan pendekatan TPACK terlihat peserta didik sangat senang dan antusias dalam menerima materi pembelajaran yang disampaikan oleh guru, mereka saling bekerja sama antar anggota kelompok ketika ada tugas diskusi. Penerapan pendekatan TPACK memudahkan peserta didik dalam memahami setiap materi pelajaran yang disampaikan oleh guru sehingga ketika mereka diberikan pertanyaan mereka antusias dalam menjawab. 2. Hasil penerapan pendekatan TPACK dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam Kelas 2 di SD Negeri 31 Lau pada materi Ciri-Ciri Anak yang Beriman Kepada Malaikat mempengaruhi minat belajar peserta didik, dapat dilihat dari rata-rata hasil belajar peserta didik yang mengalami peningkatan mulai dari kegiatan Pra siklus (73), kegiatan siklus I (76,16), dan kegiatan siklus II (83,28).
Statistic
Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.
Item Type: | Thesis (Other) | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Creators: |
|
||||||||
Contributors: |
|
||||||||
Subjects: | Pendidikan Pendidikan > Pendekatan |
||||||||
Keywords: | Pendekatan TPACK (technological pedagogical and content knowledge); minat belajar | ||||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Profesi Guru (PPG) | ||||||||
Depositing User: | Ainun Syarifah | ||||||||
Date Deposited: | 04 Feb 2025 14:49 | ||||||||
Last Modified: | 04 Feb 2025 14:49 | ||||||||
URI: | http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/77458 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |