Peningkatan hasil belajar siswa melalui model discovery learning pada materi menghadirkan malaikat dalam kehidupan sehari-hari Kelas X SMK Maarif NU Benjeng Tahun Pelajaran 2022/2023

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Bari, Khoirul (2022) Peningkatan hasil belajar siswa melalui model discovery learning pada materi menghadirkan malaikat dalam kehidupan sehari-hari Kelas X SMK Maarif NU Benjeng Tahun Pelajaran 2022/2023. Other thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
LKPT187 Khoirul Bari.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah penerapan model pembelajaran discovery learning dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada pembelajaran Pendidikan Agama Islam materi Menghadirkan Malaikat dalam kehidupan sehari-hari di SMKS Ma’arif Nu Benjeng. Kemudian dalam proses pembelajaran dilakukan dengan metode diskusi dan ceramah yang dipadukan dengan model pembelajaran discovery learning. Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang terdiri dari tiga siklus. Pada tiap siklusnya terdiri dari 4 tahap, yaitu: perencanaan, tindakan, pengamatan dan refleksi. Subyek penelitian ini adalah peserta didik kelas IX DKV SMKS Ma’arif Nu Benjeng. Hasil penelitian menunjukkan bahwa adanya peningkatan hasil belajar dan aktivitas peserta didik setelah diterapkannya model discovery learning dalam pembelajaran PAI materi keteladanan Rasulullah saw dan sahabatnya. Hasil ketuntasan hasil belajar kognitif peserta didik pada siklus 1 mencapai 85.7 %, siklus II mencapai 100%. Dan siklus III juga 100 %. Hasil ketuntasan hasil belajar afektif peserta didik pada siklus I adalah 57% meningkat menjadi 85,7% pada siklus II dan tetap pada siklus III. Hasil ketuntasan hasil belajar psikomotorik peserta didik pada semua siklus adalah 100%. Dari hasil penelitian, dapat disimpulkan secara keseluruhan bahwa pembelajaran dengan model discovery learning dapat meningkatkan hasil belajar siswa baik dalam aspek kognitif, afektif maupun psikomotorik. Berdasarkan hasil penelitian ini disarankan bahwa pembelajaran dengan model discovery learning layak dikembangkan sebagai alternatif model pembelajaran yang dapat digunakan dalam pembelajaran PAI.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Other)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Bari, KhoirulUNSPECIFIED06050822506
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorKurniawan, Agus Prasetyosugaghost@gmail.com2021088301
Subjects: Pendidikan
Pendidikan > Hasil Belajar
Keywords: Hasil belajar; model discovery learning; pendidikan agama islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Profesi Guru (PPG)
Depositing User: Ainun Syarifah
Date Deposited: 04 Feb 2025 15:00
Last Modified: 06 Feb 2025 04:37
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/77476

Actions (login required)

View Item View Item