Penerapan media pembelajaran audio visual dalam meningkatkan prestasi belajar siswa Kelas VI mata pelajaran fiqih di MI Miftakhul Ulum Peganden Manyar Gresik

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Sa'roni, Sa'roni (2022) Penerapan media pembelajaran audio visual dalam meningkatkan prestasi belajar siswa Kelas VI mata pelajaran fiqih di MI Miftakhul Ulum Peganden Manyar Gresik. Other thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
LPTK 45 Sa'roni.pdf

Download (1MB)

Abstract

Berhasilnya tujuan pembelajaran ditentukan oleh banyak faktor diantaranya adalah faktor guru dalam melaksanakan proses belajar mengajar, karena guru secara langsung dapat mempengaruhi, membina dan meningkatkan kecerdasan serta keterampilan siswa. Untuk mengatasi permasalahan di atas dan guna mencapai tujuan pendidikan secara maksimal, peran guru sangat penting dan diharapkan guru memiliki cara/media mengajar yang baik dan mampu memilih media pembelajaran yang tepat dan sesuai dengan konsepkonsep mata pelajaran yang akan disampaikan.Permasalahan yang ingin dikaji dalam penelitian ini adalah: (a) Bagaimanakah penerapan media pembelajaran audio visual dalam peningkatan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran Fiqih? (b) Bagaimanakah peningkatan prestasi belajar siswa setelah diterapkannya media pembelajaran audio visual pada mata pelajaran Fiqih ? Tujuan dari penelitian tindakan ini adalah: (a) Ingin mengetahui penerapan media pembelajaran audio visual dalam peningkatan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran Fiqih. (b) Ingin mengetahui peningkatan prestasi belajar siswa setelah diterapkannya media pembelajaran audio visual pada mata pelajaran Fiqih. Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan (action research) sebanyak dua putaran. Setiap putaran terdiri dari empat tahap yaitu: rancangan, kegiatan dan pengamatan, refleksi, dan refisi. Sasaran penelitian ini adalah siswa kelas VI Data yang diperoleh berupa hasil tes formatif, lembar observasi kegiatan belajar mengajar. Dari hasil analis didapatkan bahwa prestasi belajar siswa mengalami peningkatan dari siklus I, II dan III yaitu, siklus I (50%), siklus II (71%) dan Siklus III (86%). Kesimpulan dari penelitian ini adalah penerapan media audio visual dapat berpengaruh positif terhadap peningkatan prestasi belajar Siswa MI Miftahul Ulum Peganden serta media pembelajaran ini dapat digunakan sebagai salah satu alternatif pembelajaran Fiqih.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Other)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Sa'roni, Sa'roniUNSPECIFIED17109660072014
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorHuda, Muhammad Nurilnuril.huda@uinsby.ac.id2027068001
Subjects: Pendidikan > Prestasi Belajar
Keywords: Prestasi belajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Profesi Guru (PPG)
Depositing User: Ainun Syarifah
Date Deposited: 06 Feb 2025 02:18
Last Modified: 06 Feb 2025 03:40
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/77539

Actions (login required)

View Item View Item