Strategi pemasaran Koperasi Pondok Pesantren Ihyaul Ulum Dukun Gresik

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Umam, Asyharul (2007) Strategi pemasaran Koperasi Pondok Pesantren Ihyaul Ulum Dukun Gresik. Undergraduate thesis, IAIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
B04302023 Asyharul Umam 2007 ok.pdf

Download (5MB)

Abstract

fokus masalah yang ditcliti dalam penulisan skripsi ini adalah : Bagaimana Strategi pemasarnn yang diterapkan di Koperasi Pondok Pesantren Ihyaul Ulum Dukun Gresik.? dengan mengambil obyek penelitian di Koperasi Pondok Pesantren Ihyaul Ulum Dukun :gresik. pada tanggal 20 November - 20 Desember 2007. Penelitian ini menggunakan pendckatan kualitatif, dan juga mcnggunakan metode deskriptif I.atar penelitian ini mcmiliki karaktcristik yaitu; 1) Kualitatif, 2) kerja lapangan, 3) Instrumen utamanya adalah badan/kmbaga kcuangan (Bank), 4) sifatnya deskriptif (rncnguraikan hasi1 penelitian dcngan apa adanya). Adapun sumber data pcnelitian yang digunakan adalah : wawancara, obscrvasi, Jan dokumcntasi. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis domain (domain analysis), artinya hasil penelitian ini hanya ditargetkan untuk mcmpcrolch gambaran scutuhnya dari obyek yang diteliti, tanpa harus diperincikan secara detail unsur-unsur yang ada dalam keutuhan obyek penelitian tersebut. dalam penclitian ini disimpulkan bahwa Koperasi Pondok Pesantren Ihyaul Ulum Dukun .gresik.dalam menjalankan operasional koperasinya telah menjalankan pemasaran yang sesuai konsep bauran pcmasaran (Marketing Mix) yang mcliputi Produk, Harga (price), saJuran Distribusi (place), dan Promosi. Pada produk yang dikeluarkan memiliki standarisasi kualitas yang baik. Strategi penetapan harga tclah memberikan kemudahan kepada para konsumen baru dengan harga pembelian produk yang standar dengan harga para pesaing. Sedangkan untuk saluran distribusi telah bekerja sama dengan beberapa sektor yang memudahkan konsumen dalam bertransaksi yaitu pedagang dan agen. Promosi yang dijalankan dalarn bcntuk face to face kepada para konsumcn dari rumah ke rumah dengan mernberikan biaya yang serendah-rendahnya namun keuntungan tetap harus diperhitungkan. ada beberapa hal scbagai bahan rekomendasi, dari penelitian ini, yaitu hendaknya dapat melayani dan memberikan yang tcrbaik bagi konsumen, yakni dengan memberikan produk yang bermutu serta harga yang bisa dijangkau masyarakat sekitarnya. Dan sebaiknya mcnambah lagi produknya, meskipun sudah ada rencana dan supaya secepatnya direalisasikan, dengan bertambahnya produk baru itu menambah kelengkapan produk yang nantinya akan lebih unggul dan terlaris dikalangan pasar lainnya. Serta dapat menganalisa kcmbali tentang promosi penjualan produknya.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Umam, AsyharulUNSPECIFIEDB04302023
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorArifin, Achmad AliUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Dakwah > Dakwah - Manajemen
Keywords: Pemasaran Koperasi
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Manajemen Dakwah
Depositing User: Editor : Abdun Nashir------ Information------library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 10 Feb 2025 07:50
Last Modified: 10 Feb 2025 07:50
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/77722

Actions (login required)

View Item View Item