Aplikasi model Pembelajaran Open Ended dalam meningkatkan kemampuan berfikir Divergen siswa pada mata pelajaran Aqidah Akhlak di MTs Al Musthofa Grabagan Tuban

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Isma'iyah, Isma'iyah (2009) Aplikasi model Pembelajaran Open Ended dalam meningkatkan kemampuan berfikir Divergen siswa pada mata pelajaran Aqidah Akhlak di MTs Al Musthofa Grabagan Tuban. Undergraduate thesis, IAIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (336kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab 1.pdf

Download (129kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab 2.pdf

Download (182kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab 3.pdf

Download (145kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab 4.pdf

Download (3MB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab 5.pdf

Download (81kB) | Preview
[img]
Preview
Text
daftar pustaka.pdf

Download (77kB) | Preview

Abstract

Perubahan yang terjadi dalam kehidupan manusia telah mengakibatkan eksplosi dalam beberapa bidang di antaranya, eksplosi ilmu pengetahuan, eksplosi publikasi dan eksplosi teknologi. Begitu pula dengan ilmu pendidikan kita khususnya Pendidikan Agama Islam (PAI). PAI selama ini masih sebatas sebagai proses penyampaian pengetahuan tentang agama Islam. Proses Internalisasi dan aplikasi nilai-nilai Islam dalam kehidupan sehari-hari justru kurang mendapat perhatian. Guru kurang memberikan ruang berpikir divergen, di mana diperlukan pemikiran divergen, kritis, dan keterampilan tinggi di segala bidang. Oleh karena itu tuntutan terhadap pendidikan Indonesia untuk menghasilkan output yang memiliki potensi dalam berpikir divergen dan kritis juga semakin tinggi. Karena latar belakang di atas, maka peneliti mencoba memberi sebuah alternatif model pembelajaran yang bisa meningkatkan kemampuan berpikir divergen siswa. Untuk membantu guru dalam melakasnakan pembelajaran yaitu model pembelajaran Open Ended. Model pembelajaran yang dalam pelaksanaannya siswa menemukan jawaban benar lebih dari satu. Dalam penelitian ini, masalah yang diangkat adalah: 1) bagaimana pelaksanaan pembelajaran Open Ended? 2). Bagaimana aktivitas siswa selama mengikuti model pembelajaran Open Ended? 3) Bagaimakah peningkatan model pembelajaran Open Ended dalam meningkatkan kemampuan berpikir divergen siswa? Jenis penelitian ini adalah eksperimen sungguhan (true experimental design) dengan pendekatan kuantitatif dan kualitatif dan menggunakan desain control group pre test-post test. Berdasarkan analisis pelaksanaan pembelajaran model pembelajaran Open Ended dalam hal ini mengamati kemampuan guru dalam mengelola model pembelajaran Open Ended selama tiga pertemuan adalah baik dengan nilali rata-rata 3,19. Sedangkan hasil analisis aktivitas siswa selama tiga pertemuan adalah kategori aktivitas aktif sebanyak 6,5 kali aktivitas. Sedangkan mengenai data hasil test dengan menggunakan uji-t dapat disimpulkan bahwa nilai : 4,651 : 2,00. maka ada peningkatan kemampuan berfikir divergen siswa pada mata pelajaran akidah akhlak dengan model pelajaran Open Ended di MTs. Al-Musthofa Grabagan Tuban.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Isma'iyah, Isma'iyah--UNSPECIFIED
Subjects: Metode Pembelajaran
Pendidikan Islam
Keywords: Model Pembelajaran Open Ended; Kemampuan Berfikir Divergen
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Editor: Library Administrator----- Information-----http://library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 31 Oct 2009
Last Modified: 04 Oct 2018 06:46
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/7775

Actions (login required)

View Item View Item