Upaya guru dalam mengenalkan huruf abjad pada anak usia 3-4 tahun melalui metode tanya jawab di Pg-Tk Plus Al-Afkar Bungurasih Tengah Waru Sidoarjo

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Syuroyyah, Anis (2023) Upaya guru dalam mengenalkan huruf abjad pada anak usia 3-4 tahun melalui metode tanya jawab di Pg-Tk Plus Al-Afkar Bungurasih Tengah Waru Sidoarjo. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Anis Syuroyyah_D99219036 OK.pdf

Download (3MB)
[img] Text
Anis Syuroyyah_D99219036 Full.pdf
Restricted to Repository staff only until 7 April 2028.

Download (3MB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan kemampuan anak dalam mengenal huruf abjad pada anak usia 3- 4 tahun di PG TK Plus Al – Afkar Bungurasih serta mengetahui berbagai macam upaya guru dalam mengenalkan huruf abjad melalui metode tanya jawab pada anak usia 3-4 tahun di PG-TK Plus Al-Afkar. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan dengan menggunakan pendekatan kualitatif dan data yang diperoleh peneliti melalui observasi dan wawancara dengan Kepala Sekolah dan Guru PG-TK Plus Al-Afkar Bungurasih serta dokumentasi secara langsung yang kemudian data tersebut diolah dengan menggunakan deskriptif analisis. Hasil penelitian ini menunjukkan kemampuan anak dalam mengenal huruf abjad pada anak usia 3–4 tahun di PG TK Plus Al – Afkar Bungurasih Waru Sidoarjo. dari hasil penelitian yang dilakukan peneliti bahwa kemampuan pada anak dalam mengenal huruf abjad Terdapat dua hasil yaitu dalam kelompok Az-Zaitun bahwasanya kemampuan anak dalam mengenal huruf abjad sudah berkembang sesuai harapan yang berarti kemampuan anak sudah sesuai dengan indikator yang ditentukan dan kelompok At – Tiin dalam kemampuan mengenal huruf abjad mulai berkembang. Upaya guru dalam mengenalkan huruf abjad pada anak usia 3-4 tahun melalui metode tanya jawab di PG TK Plus Al – Afkar Bungurasih Tengah. Guru menggunakan sebuah pertaanyaan yang memantik anak untuk bisa membuat anak mengingat apa yang telah diajarkan dan membuat anak untuk aktif dan berani dalam menjawab pertanyaan yang telah diajukan.Disetiap usaha dan upaya guru pasti mengalami kendala yang dihadapi oleh guru dalam mengenalkan huruf abjad pada anak melalui metode tanya jawab antara lain; masih terdapat anak yang bersikap kurang baik ketika pelaksanaan pembelajaran di kelas,Terbatasnya waktu dalam pelaksanaan pembelajaran, Anak kurang aktif dalam pelaksanaan pembelajaran.Faktor pendukung yakni:adanya media yang mendukung guru dalam pembelajaran mengenalkan huruf abjad melalui metode tanya jawab pada anak usia 3-4 tahun,adanya buku Laporan Perkembangan Peserta Didik Anak Usia Dini,adanya kerjasama antara guru dan orang tua.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Syuroyyah, Anissyuroyyahanis@gmail.comD99219036
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorSyafi'i, Imamimamsyafii.iwa@gmail.com2020117003
Thesis advisorDwijo, Al Qudus Nofiandri Eko Sucipto--2016117301
Subjects: Guru
Metode Pembelajaran > Metode Pembelajaran
Pendidikan > Anak
Pendidikan > Strategi Belajar Mengajar
Keywords: Upaya Guru; Huruf Abjad; Tanya Jawab
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Anak Usia Dini (PIAUD)
Depositing User: Anis Syuroyyah
Date Deposited: 07 Apr 2025 06:00
Last Modified: 07 Apr 2025 06:00
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/77833

Actions (login required)

View Item View Item