This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya
Latief, Mohammad Fachruddin (2015) Implemntasi Kurikulum 2013 dalam meningkatkan mutu pendidikan di SMP Al Hikmah Surabaya. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.
![]() |
Text
Mohammad Fachruddin Latief_D03211047_2015 ok.pdf Download (7MB) |
Abstract
Salah satu komponen yang sering dijadikan sasaran penyebab menurunnya mutu pendidikan adalah kurikulum. Kurikulum seharusnya juga diarahkan untuk membangun kesadaran dan kepedulian generasi muda terhadap lingkungan alam dan menumbuhkan kemampuan untuk merumuskan pemecahan masalah secara kreatif terhadap isu-isu lingkungan dan ketahanan pangan. Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana implementasi kurikulum 2013 di SMP Al Hikmah Surabaya, bagaimana mutu pendidikan berdasarkan evaluasi diri sekolah di SMP Al Hikmah Surabaya, dan bagaimana implementasi kurikulum 2013 dalam meningkatkan mutu pendidikan di SMP Al Hikmah Surabaya. Sedangkan tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui implementasi kurikulum 2013 di SMP Al Hikmah Surabaya, untuk mengetahui mutu pendidikan berdasarkan evaluasi diri sekolah di SMP Al Hikmah Surabaya, dart untuk mengetahui implementasi kurikulum 2013 dalam meningkatkan mutu pendidikan di SMP Al Hikmah Surabaya. Metode penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif, yaitu menggambarkan implementasi kurikulum 2013 di SMP Al Hikmah Surabaya, mutu pendidikan berdasarkan evaluasi diri sekolah di SMP Al Hikmah Surabaya, dan implementasi kurikulum 2013 dalam meningkatkan mutu pendidikan di SMP Al Hikmah Surabaya. Berdasarkan pembahasan hasil penelitian bahwa implementasi kurikulum 2013 di SMP Al Hikmah Surabaya telah diterapkan sejak ditetapkannya Permendikbud RI Nomor 8 lA Tahun 2013 tentang Implementasi Kurikulum 2013. Narnun ada tantangan dalarn implementasi kurikulurn 2013 di SMP Al Hikmah bahwa para pendidik tidak seluruhnya telah mernahami. Hal ini dikarenakan minimnya sosialisasi dari pihak pengembang kurikulum 2013. Mengenai rnutu pendidikan berdasarkan evaluasi diri sekolah di SMP Al Hikmah Surabaya, hasil penilaian evaluasi tersebut rating rata-rata adalah 1.69 dari kondisi ideal 3. 00. Rating tersebut mengindikasikan bahwa mutu pendidikan di SMP Al Hikmah secara umum baik meskipun masih saja terdapat kekurangan dibagian tertentu, misalnya dalarn struktur kurikulurn. Implementasi kurikulum 2013 rnemberikan darnpak yang positif dalam meningkatkan mutu pendidikan di SMP Al Hikrnah Surabaya. Hal ini didasarkan pada pengamatan peneliti terhadap kondisi dan realitas yang ada begitu juga dengan hasil wawancara peneliti dengan pihak sekolah yang selalu mengupayakan up grade Sumber Daya Manusia (guru-guru) dengan kornpetensi yang terbaik dan memfasilitasi berbagai kegiatan guru dan siswa untuk berprestasi.
Statistic
Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Creators: |
|
||||||||
Contributors: |
|
||||||||
Subjects: | Pendidikan > Kurikulum | ||||||||
Keywords: | lmplementasi Kurikulum 2013; mutu pendidikan | ||||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Kependidikan Islam | ||||||||
Depositing User: | Editor : Abdun Nashir------ Information------library.uinsby.ac.id | ||||||||
Date Deposited: | 13 Feb 2025 08:29 | ||||||||
Last Modified: | 13 Feb 2025 08:29 | ||||||||
URI: | http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/77835 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |