Pengaruh kualitas pelayanan dan word of mouth (WOM) terhadap keputusan pembelian dengan kepercayaan jemaah sebagai variabel moderasi pada Nurul Anwar Travel and Tour Surabaya

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Zuhroh, Aminatuz (2025) Pengaruh kualitas pelayanan dan word of mouth (WOM) terhadap keputusan pembelian dengan kepercayaan jemaah sebagai variabel moderasi pada Nurul Anwar Travel and Tour Surabaya. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Aminatuz Zuhroh_04020421027 OK.pdf

Download (3MB)
[img] Text
Aminatuz Zuhroh_04020421027 Full.pdf
Restricted to Repository staff only until 7 April 2028.

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kualitas pelayanan dan Word of Mouth (WOM) terhadap keputusan pembelian dengan kepercayaan jemaah sebagai variabel moderasi pada Nurul Anwar Tour and Travel. Penelitian ini juga untuk mengetahui apakah dengan adanya variabel moderasi ini dapat memperkuat atau melemahkan hubungan kualitas pelayanan dan Word of Mouth (WOM) terhadap keputusan pembelian. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian kuantitatif dengan menggunakan penelitian asosiatif. Pengolahan data dari penelitian ini menggunakan analisis data Partial Last Square (PLS) dan SPSS untuk uji deskriptif. Penelitian ini menjawab dari 5 rumusan masalah mengenai kualitas pelayanan dan Word of Mouth (WOM) terhadap keputusan pembelian dengan kepercayaan jemaah sebagai variabel moderasi. Berikut adalah jawaban dari rumusan masalah: Pertama, kualitas pelayanan memiliki pengaruh yang signifikan terhadap keputusan pembelian, dengan nilai p-value sebesar 0.035 < 0.05 dan t-statistic sebesar 2.113 > 1.96 yang menunjukkan bahwa hubungan kualitas pelayanan dan keputusan pembelian berpengaruh signifikan. Dengan demikian dinyatakan bahwa H1 diterima dan H0 ditolak. Kedua, Word of Mouth (WOM) memiliki pengaruh yang positif namun tidak signifikan terhadap keputusan pembelian, dengan nilai p-value sebesar 0.361 > 0.05 dan t-statistic sebesar 0.914 < 1.96. Hal ini menunjukkan bahwa meskipun Word of Mouth (WOM) memiliki hubungan positif terhadap keputusan pembelian, pengaruh tersebut tergolong lemah dan tidak signifikan secara statistik. Dengan demikian, dinyatakan bahwa H1 ditolak dan H0 diterima. Ketiga, kepercayaan jemaah memiliki pengaruh yang signifikan terhadap keputusan pembelian, dengan nilai p-value sebesar 0.010 < 0.05 dan t-statistic sebesar 2.581 > 1.96. Hal ini menunjukkan bahwa kepercayaan jemaah memiliki hubungan positif yang signifikan terhadap keputusan pembelian. Dengan demikian, dinyatakan bahwa H1 diterima dan H0 ditolak. Keempat, kepercayaan jemaah sebagai moderasi pada hubungan antara kualitas pelayanan dan keputusan pembelian memiliki pengaruh yang sangat lemah dan tidak signifikan secara statistik, dengan nilai p-value sebesar 0.901 > 0.05 dan t-statistic sebesar 0.124 < 1.96. Hal ini menunjukkan bahwa kepercayaan jemaah tidak memperkuat atau melemahkan hubungan antara kualitas pelayanan dan keputusan pembelian. Dengan demikian, dinyatakan bahwa H1 ditolak dan H0 diterima. Kelima, kepercayaan jemaah sebagai moderasi pada hubungan antara Word of Mouth (WOM) dan keputusan pembelian memiliki pengaruh positif yang lemah namun tidak signifikan, dengan nilai p-value sebesar 0.287 > 0.05 dan t-statistic sebesar 1.065 < 1.96. Hal ini mengindikasikan bahwa kepercayaan jemaah tidak memberikan pengaruh yang berarti dalam memperkuat atau melemahkan hubungan antara Word of Mouth (WOM) dan keputusan pembelian. Dengan demikian, dinyatakan bahwa H1 ditolak dan H0 diterima.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Zuhroh, Aminatuzaminatuz.zuhro2000@gmail.com04020421027
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorZakariya, Novie AndrianiNovierobi120212@gmail.com2011029701
Thesis advisorArdilla, Yunitayunita.ardilla@uinsby.ac.id2004069202
Subjects: Manajemen Dakwah
Keywords: Kualitas Pelayanan; Word of Mouth (WOM); Keputusan Pembelian; Kepercayaan Jemaah
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Manajemen Dakwah
Depositing User: Aminatuz Zuhroh
Date Deposited: 07 Apr 2025 05:13
Last Modified: 07 Apr 2025 05:13
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/77860

Actions (login required)

View Item View Item