Hubungan penerapan model integrated learning dengan pemahaman siswa pada pendidikan agama islam di kelas IV danV SDIT Insan Kamil Sidoarjo

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Afifah, Nur (2007) Hubungan penerapan model integrated learning dengan pemahaman siswa pada pendidikan agama islam di kelas IV danV SDIT Insan Kamil Sidoarjo. Undergraduate thesis, IAIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
D01303063 Nur Afifah 2007 OK.pdf

Download (6MB)

Abstract

Mengingat Pendidikan Agama Islam sebagai nunpun pelajaran mulai dari tingkat dasar sampai dengan perguruan tinggi yang sarat dengan muatan norma dalam kehidupan sehari-hari, sudah saatnya untuk dikaji ulang model pembelajaran yang diterapkan, karena sering dijumpai keluhan dari para siswa bahwa guru mengajar Pendidikan Agama Islam hanya dengan ceramah clan hafalan saja, tanpa adanya variasi dalam menggunakan model pembelajaran, yang mengakibatkan terjadinya kebosanan pada diri siswa, dan berdampak pada menurunnya minat siswa terhadap pelajaran,akibatnya pemahaman siswa tehadap materi pelajaranpun menjadi berkurang. Untuk itu diperlukan variasi dalam menggunakan model pembelajaran dalam mengatasi masalah diatas, diantaranya yaitu dengan penggunaan model integrated learning, model ini merupakan model pembelajaran Pendidikan Agama Islam yang dalam penyajiannya selalu dikaitkan atau dipadukan dengan mata pelajaran lain. Dari hal tersebutlah yang melatarbelakangi penulis untuk menulis skripsi ini. Penelitian ini dilakukan di Sekolah Dasar Islam Terpadu (SDIT) Insan Kamil Sidoarjo dan berupaya untuk membahas dua permasalahan, yaitu: yang pertama, adakah hubungan antara penerapan model integrated learning dengan pemahaman siswa pada Pendidikan Agama Islam, dan yang kedua seberapa besar hubungan tersebut. Secara umum penelitian ini bertujuan untuk membuktikan ada tidaknya hubungan antara penerapan model integrated learning dengan pemahaman siswa pada Pendidikan Agama Islam dan untuk mengetahui seberapa besar hubungan tersebut. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif Pengumpulan data dilakukan dengan cara angket, dokumentasi, interview, dan observasi. Jumlah populasi penelitian ini adalah 53 orang, maka penelitian ini disebut dengan penelitian populasi. Sedangkan rumus yang digunakan adalah rumus Chi Kwadrat dan rumus KK (Koefisien Kontingensi), adapun rumusnya adalah sebagai berikut:
Dari hasil penelitian, menunjukkan bahwa ada hubungan antara penerapan model integrated learning dengan pemahaman siswa pada Pendidikan Agama Islam dan besar hubungan antara penerapan model integrated learning dengan pemahaman siswa pada Pendidikan Agama Islam termasuk dalam kategori Tinggi atau Kuat, dilihat dari perhitungan rumus KK (Koefisien Kontingensi) yaitu sebesar 0,72 terletak pada standar nilai antara 0,70-0,90. oleh karena itu, penerapan model integrated learning harus ditingkatkan kembali untuk memperoleh pemahaman siswa pada Pendidikan Agama Islam secara benar.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Afifah, Nur--D01303063
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorThalabi, Tajuddin----
Subjects: Pendidikan Islam
Pendidikan > Metode
Keywords: Integrated Learning;
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Editor : Kuntum L.R------ Information------library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 18 Feb 2025 03:39
Last Modified: 18 Feb 2025 03:39
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/78049

Actions (login required)

View Item View Item