Problematika santri dalam mengikuti pengajaran kitab Alfiyah dan solusinya di pondok pesantren Luhur Al Husna JL. Jemur Wonosari Wonocolo Surabaya

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Hermanto, Hermanto (2007) Problematika santri dalam mengikuti pengajaran kitab Alfiyah dan solusinya di pondok pesantren Luhur Al Husna JL. Jemur Wonosari Wonocolo Surabaya. Undergraduate thesis, IAIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
D01303218 Hermanto 2007.pdf

Download (9MB)

Abstract

Pengajaran kitab Al fiyah merupakan aktivitas proses belajar mengajar yang di dalamnya terjadi interaksi perbaduan antara ustadz dan santri dalam mengupayakan terciptanya jalinan harmonis antra mengajar dan belajar demi terciptanaya suatu tujuan yakni untuk memahami pengetahuan dan ketrampilan kaidah-kaidah bahasa arab (gramatika arab) yang berupa sederetan nad.zom rang berbentuk syair. Situasi clan kondisi santri yang multi karesteritik baik yang dipengaruhi oleh latarbelakang pendidikan santri, intensitas waktu proses belajar mengajar santri, clan cultur yang heterogen, ataupun yang disebabkan tututan dari pergaulan lingkungan dunia kampus, tidak menutup kemungkinan juga karena kurang bervariasinya metode atau strategi dalam proses pengajaran. Hal semacam ini akan mempengaruhi timbulnya berbagai permasalahan-pennasalahan santri dalam mengikuti pengajaran alfiyah. Dengan demikian perlu diteliti serta dicari solusi-solusi atau alternatifnya agar kelak adanya semangat clan merasa butuh clan perlu untuk mengikuti pengajaran alfiyah.
Adapun rnetodologi penelitian yang digunakan adalah rnenggunakan metode observasi, interview, serta dokwnentasi untuk mencapai hasil data yang valid dan representatif serta dapat dipertanggung jawabkan kebenaranya. Sedang kan teknik analisa data yang penulis gunakan dalam skripsi ini adalah teknik analisa deskriptif kualitatif, Sedangkan ruj uan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui dari berbagai problematika, faktor penunjang dan penghambat serta solusi-solusinya, yang timbul dari penelitian tentang problematika santri dalam mengikuti pengajaran Alfiyah dan solusinya di Pondok Pesantren luhur AJ husna Surabaya. Berdasarkan dari hasil penelitian melalui berbagai macam metodologi, basil yang diketahui tentang problematika santri dalam mengikuti pengajaran kitab Alfiyah tersebut adalah problematika santri (kesulitan santri dalam menghafal alfiyah, banyaknya santri yang tidak alumni pesantren, itensitas kegiatan belajar mengajar santri tentang Alfiyah terlalu sempit), faktor-faktor penunjang (pengasuh, ustadz, program proses belajar mengajar, sarana dan prasarana pengajaran), faktor-faktor penghambat (faktor metode, faktor karakteristik bahasa, kurangnya perbendaharaan kata, masih banyak santri rang tidak punya kitab, tidak adanya pengelompokan santri yang benar-benar mafllpu dengan yang kurang mapu tentang AJfiyah, masih sibuknya santri dengan kegiatan kampus) Solusi-solusi untuk mengatasi problemati.ka yang dihadapi santri (adanya tatatertib yang diwajibkan untuk mengikuti proses belajar mengajar, pengabsensian santri dalam proses belajar mengajar), menurut hernat penulis hams adanya klasifikasi sesuai dengan kemampuannya, terlengkapinya kitab-kitab yang dibutuhkan para santri.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Hermanto, Hermanto--D01303218
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorMasyhud, Masyhud----
Subjects: Pendidikan Islam
Pendidikan Islam > Pendidikan Islam - Materi
Keywords: Pondok Pesantren; Kajian Kitab
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Editor : Kuntum L.R------ Information------library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 20 Feb 2025 03:05
Last Modified: 20 Feb 2025 03:05
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/78143

Actions (login required)

View Item View Item