Implementasi pendekatan Beyond Centers and Circle Time (BCCT) dalam pendidikan anak usia dini di TK Kreatif The Naff Candi Sidoarjo.

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Nadhifah, Nadhifah (2007) Implementasi pendekatan Beyond Centers and Circle Time (BCCT) dalam pendidikan anak usia dini di TK Kreatif The Naff Candi Sidoarjo. Undergraduate thesis, IAIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Nadhifah_D31303245 OK.pdf

Download (4MB)

Abstract

Fenomena pendidikan masa kini masih banyak pendidikan formal rnenggunakan pendekatan teacher centered. Padahal pendekatan tersebut belum memberikan solusi pada evaluasi pembelajaran. Terutama pada pendidikan yang masih mengembangkan proses pembelajaran secara tradisional. Untuk itu kebutuhan pendidikan sekarang seharusnya mampu mencetak generasi bangsa yang kompetitif Untuk itu diperlukan pendekatan pembelajaran yang inovatif dan kreatif yang lebih menghidupkan anak didik dalarn proses pernbelajaran sebagai student centered. Untuk lebih mengetahui secara mendalam tentang suatu pendekatan masa kini terutama pada pendidik.an anak usia dini sangat diperlukan, Karena mereka adalah individu yang unik merniliki banyak potensi yang perlu dikembangkan. Potensi itu adalah multiple intelligensi atau kecerdasan jamak. Salah satu pendekatan yang sangat sesuai dan sudah teruji di negara maju untuk melejitkan kecerdasan jamak adalah Pendekatan Beyond Centers and Circle Time yang lebih dikenal dengan BCCT atau sentra dan lingkaran (SELING). Dengan ini penelitian difokuskan pada TK Kreatif The Naff Candi Sidoarjo. Rumusan permasalahan pada penelitian ini adalah bagaimana Pendekatan Beyond Centers and Circle Time di TK Kreatif The Naff Candi Sidoarjo, bagaimana implementasinya daiam pendidikan anak usia dini, serta adakah keberhasilan dan kendala dari implementasi Pendekatan Beyond Centers and Circle Time dalarn pendidikan anak usia dini di TK KreatifThe Naff Candi Sidoarjo. Untuk memperoleh jawaban tersebut, peneliti menggunakan jenis penelitian kualitatif dengan teknik analisis induktif. Untuk teknik pengumpulan data peneliti menggunakan observasi partisipasi, analisis dokumen, dan wawancara mendalam. Kemudian dilakukan kegiatan analisis datanya dengan koleksi data, reduksi data, trianggulasi data, dan penyajian data. TK Kreatif The Naff Candi Sidoarjo menerapkan pendekatan BCCT sejak tahun ajaran 2004/2005 dengan proses yang sangat baik, sistematis, clan penuh inovatif dan kreatifitas. Pendekatan tersebut benar-benar memusatkan anak dalam kegiatan bermain sambil belajar. Tehnik dan prosedur disusun secara rapi dan alat permainan yang lengkap yang tidak harus mahal dan barn. Pendekatan BCCT diterapkan dengan ban yak sentra atau kelas Vak. Banyak keberhasilan yang diperoleh yaitu Sistem pembelajaran yang mampu melejitkan seluruh kecerdasan anak, anak belajar sesuai dengan minat, anak tidak cepat bosan, anak lebih mandiri, kreatif, dan bertanggungjawab, dan anak lebih mudah mengingat tema pembelajaran tanpa harus banyak menghafal. Dengan diterapkannya pendekatan Beyond Centers and Circle Time sedikit kendala yang ada, yaitu: kurangnya kreatifitas dan inovatif guru dalam merencanakan dan mengembangkan tema pembelajarannya.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Nadhifah, Nadhifah--D31303245
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorRasjid, Anwar----
Subjects: Pendidikan > Pembelajaran
Pendidikan > Pendidikan Anak
Keywords: Anak, Proses pembelajaran
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Editor : Kuntum L.R------ Information------library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 20 Feb 2025 08:19
Last Modified: 20 Feb 2025 08:19
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/78163

Actions (login required)

View Item View Item