Pengaruh influencer marketing dan electronic word of mouth terhadap purchase decision melalui brand image sebagai mediasi pada Produk Somethinc

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Na’ilah, Asfiyatun (2025) Pengaruh influencer marketing dan electronic word of mouth terhadap purchase decision melalui brand image sebagai mediasi pada Produk Somethinc. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Asfiyatun Na'ilah_08020321039 OK.pdf

Download (3MB)
[img] Text
Asfiyatun Na'ilah_08020321039 Full.pdf
Restricted to Repository staff only until 7 April 2028.

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis hubungan antara influencer marketing dan electronic word of mouth dalam memengaruhi keputusan pembelian melalui brand image. Strategi influencer marketing berperan penting dalam membangun kepercayaan konsumen terhadap produk Somethinc, di mana influencer yang kredibel menciptakan persepsi positif yang memperkuat citra merek. Sementara itu, e-WOM, berupa ulasan konsumen di media sosial, platform e-commerce, dan forum online, memberikan informasi tambahan yang memengaruhi pandangan konsumen. Ulasan positif meningkatkan kepercayaan konsumen terhadap keputusan pembelian. Citra merek yang kuat mencerminkan kualitas produk, relevansi dengan kebutuhan konsumen, dan keunggulan kompetitif, sehingga meningkatkan daya tarik produk Somethinc di pasar. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode kuantitatif, dimana metode ini dilakukan untuk menganalisis data dan menguji sampel yang bertujuan untuk menguji hubungan variabel pada hipotesis penelitian. Penelitian ini menggunakan teknik survei melalui penyebaran kuesioner. Studi ini menggunakan skala likert lima poin untuk mengukur jawaban responden. Objek penelitian yang digunakan yaitu konsumen produl Somethinc di Kota Surabaya. Sampel dalam penelitian ini sebanyak 190 responden yang ditentukan melalui teknik non�probability sampling. Peneliti menganalisis hipotesis penelitian menggunakan SEM-PLS melalui program SmartPLS versi 4.0 untuk menguji instrumen dan hipotesis. Hasil uji hipotesis menunjukkan bahwa influencer marketing memberikan pengaruh terhadap purchase decision produk Somethinc. Electronic word of mouth memberikan pengaruh terhadap purchase decision produk Somethinc. Brand image memberikan pengaruh terhadap purchase decision produk Somethinc. Influencer marketing memberikan pengaruh terhadap brand image produk Somethinc. Electronic word of mouth juga memberikan pengaruh terhadap brand image produk Somethinc. Variabel brand image berperan sebagai mediasi dalam hubungan antara influencer marketing dan e-WOM terhadap purchase decision produk Somethinc. Implikasi dari penelitian mengenai pengaruh influencer marketing, electronic word of mouth, terhadap purchase decision melalui brand image mencakup berbagai aspek teoritis, praktis, kebijakan, dan sosial. Penelitian selanjutnya disarankan untuk fokus pada jenis influencer tertentu, seperti mikro, makro, atau mega influencer, serta mengkaji keaslian e-WOM, seperti ulasan verified purchase atau dari akun kredibel, untuk memahami pengaruhnya terhadap kepercayaan konsumen. Temuan ini diharapkan membantu perusahaan menciptakan strategi pemasaran yang lebih efektif dan transparan.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Na’ilah, Asfiyatunasfiyatunnailah@gmail.com08020321039
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorThayib, Syarifsyarifthayib@gmail.com2016117001
Subjects: Kosmetika
Manajemen
Pemasaran
Keywords: influencer marketing; electronic word of mouth; brand image,; purchase decision
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Manajemen
Depositing User: Asfiyatun Na'ilah
Date Deposited: 07 Apr 2025 08:11
Last Modified: 07 Apr 2025 08:11
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/78169

Actions (login required)

View Item View Item