Efektivitas strategi personal selling melalui program grebek pasar dalam meningkatkan jumlah nasabah tabungan di BPRS Lantabur cabang Gresik

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Syabrinah, Sulfah Sahratus (2024) Efektivitas strategi personal selling melalui program grebek pasar dalam meningkatkan jumlah nasabah tabungan di BPRS Lantabur cabang Gresik. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Sulfah Sahratus Syabrinah_08020421088 full.pdf
Restricted to Repository staff only until 25 February 2028.

Download (3MB)
[img] Text
Sulfah Sahratus Syabrinah_08020421088.pdf

Download (3MB)

Abstract

Perkembangan perbankan syariah di Indonesia telah mengalami kemajuan secara progresif. Ada beberapa indikator dalam meninjau atau menganalisa pertumbuhan perbankan syariah diantaranya adalah pertumbuhan asset, jumlah dana pihak ketiga, serta pembiayaan. Salah satu dari ketiga indikator tersebut bisa dilihat dari segi pertumbuhan asset. Untuk terus meningkatkan eksistensi suatu lembaga dalam memasarkan produknya strategi yang paling banyak digunakan adalah personal selling. Strategi tersebut diterapkan melalui program grebek pasar di BPRS Lantabur tebuireng Gresik. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui efektivitas dari strategi yang diterapkan di BPRS Lantabur tebuireng Gresik yaitu personal selling melalui program grebek pasar dalam meningkatkan jumlah nasabah ada produk tabungan. Penelitian ini menggunakan metode penelitian lapangan yang dilakukan langsung di lokasi dengan pendekatan kualitatif. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi, dokumentasi, dan wawancara dengan beberapa narasumber, termasuk pimpinan cabang, tim marketing, serta nasabah produk tabungan. Analisis data dilakukan melalui tiga tahapan, yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Selain itu, untuk memastikan keabsahan data dengan menggunakan metode triangulasi sumber. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi personal selling yang diterapkan di BPRS Lantabur Tebuireng sudah mencapai tujuan dari personal selling dan juga target penjualan yang sudah tercapai dengan dibuktikan oleh data perbandingan jumlah nasabah sebelum dan sesudah dilakukan grebek pasar. Kemudian pada efektivitas personal selling melalui program grebek pasar yang dilakukan oleh BPRS Lantabur Tebuireng Gresik efektif dalam meningkatkan jumlah nasabah secara signifikan setiap tahun, memberikan dampak nyata berupa literasi keuangan, serta mendukung pengembangan usaha nasabah. Pendekatan yang ramah dan tidak memaksa memperkuat hubungan antara BPRS dan masyarakat, menjadikan strategi ini relevan dan kompetitif dalam meningkatkan daya saing BPRS. Program ini juga menjadi sarana komunikasi dua arah yang membantu BPRS memahami kebutuhan nasabah dan meningkatkan kualitas layanan. BPRS Lantabur Tebuireng Gresik disarankan untuk menambahkan fasilitas seperti open table atau stan informasi di pasar akan mempermudah calon nasabah mendapatkan informasi dan mendaftar langsung, memungkinkan pedagang dan pengunjung berdiskusi dengan staf marketing mengenai produk tabungan dan layanan lainnya.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Syabrinah, Sulfah Sahratussulfahssyabrinah@gmail.com08020421088
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorLailah, Nurlaila.nurlailah@gmail.com2022056201
Subjects: Bank dan Perbankan Islam
Ekonomi Islam
Pemasaran
Keywords: Strategi; selling; program grebek pasar; nasabah tabungan
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Sulfah Sahratus Syabrinah
Date Deposited: 25 Feb 2025 03:16
Last Modified: 25 Feb 2025 03:16
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/78187

Actions (login required)

View Item View Item