This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya
Muhyi, Muhyi (2009) Konsep Al Qur'an tentang Kompetensi Guru: studi analisis Tematik Surat al Qalam Ayat 1-4. Undergraduate thesis, IAIN Sunan Ampel Surabaya.
|
Text
COVER.pdf Download (212kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (77kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (87kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (242kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (286kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (287kB) | Preview |
|
|
Text
BAB IV.pdf Download (231kB) | Preview |
|
|
Text
BAB V.pdf Download (124kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (117kB) | Preview |
Abstract
Kompetensi Guru merupakan kewenangan guru untuk melaksanakan serangkaian tugasnya dalam kegiatan relajar mengajar. Dan ini adalah salah satu kunci keberhasilan pendidikan. Al Quran sebagai kitab petunjuk bagi orang-orang yang bertakwa, baik tersurat maupun tersirat telah banyak memberikan inspirasi terkait konsep pendidikan, tidak terkecuali ayat-ayat yang menjelaskan tentang kompetensi guru khususnya surat al-Qalam ayat 1-4. Sehingga dalam penulisan skripsi ini telah dirumuskan berbagai masalah dengan rincian sebagai berikut : Apa konsep al-Quran tentang kompetensi guru dalam Surat al Qalam Ayat 1 4 ? Bagaimana relevansi konsep al-Quran tentang kompetensi guru dalam Surat al Qalam Ayat 1 4 dengan Peraturan Mendiknas No. 16 Tahun 2007 poin b tentang Standar Kompetensi Guru ? Apa saja faktor yang mempengaruhi dan menghambat dari kompetensi guru ?
Skripsi ini merupakan kajian pustaka (library reasech) yang bersifat kualitatif deskriptif, yang menggunakan teknik dokumentasi dalam pengumpulan data. Sedangkan metode analisis data yang dipakai adalah metode tafsir maudluiy.
Kesimpulan dari penulisan skripsi ini adalah Kompetensi yang harus dimiliki guru menurut al-Quran surat al-Qalam ayat 1-4 adalah memiliki kepribadian seperti yang telah dicontohkan oleh Nabi Muhammad SAW., menguasai dan memanfaatkan teknologi informasi dan komuniikasi guna pengembangan diri dan ilmu pengetahuan dan memilki kemampuan karya tulis guna pengembangan ilmu pengetahuan dan media komunikasi dengan orang lain. Adapun relevansi Surat al Qalam Ayat 1 4 dengan Peraturan Mendiknas No. 16 Tahun 2007 poin b tentang Standar Kompetensi Guru bahwa terdapat kesesuaian terkait dengan Kompetensi Guru, yakni : Kompetensi Kepribadian, Kompetensi Pedagogik, Kompetensi Sosial dan Kompetensi Profesional. Sedangkan faktor yang mempengaruhi dan menghambat kompetensi guru, yaitu faktor internal yang meliputi : tingkat pendidikan, keikut sertaan dalam berbagai pelatihan dan kegiatan ilmiah, masa kerja dan pengalaman kerja, tingkat kesejahteraan, dan kesadaran akan kewajiban dan panggilan hati nurani. Dan faktor eksternal, meliputi : besar gaji dan tunjangan yang diterima, ketersediaan sarana dan media pembelajaran, kepemimpinan kepala sekolah, kegiatan pembinaan yang dilakukan, peran serta masyarakat dan prestasi siswa.
Statistic
Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Creators: |
|
||||||||
Contributors: |
|
||||||||
Subjects: | Aqaid dan Ilmu Kalam Guru |
||||||||
Keywords: | QS. Al-Qalam : 1-4 dan Kompetensi Guru | ||||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam | ||||||||
Depositing User: | Editor: Library Administrator----- Information-----http://library.uinsby.ac.id | ||||||||
Date Deposited: | 31 Oct 2009 | ||||||||
Last Modified: | 11 Nov 2019 05:09 | ||||||||
URI: | http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/7824 |
Actions (login required)
View Item |