This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya
Sholikhah, Nurur Rohmatus (2025) Analisis penerapan total quality management (TQM) dalam meningkatkan kinerja operasional di PT. Asco Dwi Mobilindo (Isuzu) Nginden, Surabaya. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.
![]() |
Text
Nurur Rohmatus Sholikhah_G73219052.pdf Download (3MB) |
![]() |
Text
Nurur Rohmatus Sholikhah_G73219052_Full.pdf Restricted to Repository staff only until 3 March 2028. Download (3MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan menganalisis penerapan Total Quality Management (TQM) dalam meningkatkan kinerja operasional di PT. Asco Dwi Mobilindo Surabaya. Penelitian ini difokuskan pada bagaimana TQM diterapkan serta tantangan dan dampaknya terhadap kinerja operasional perusahaan. Latar belakang penelitian ini adalah pentingnya TQM untuk meningkatkan efisiensi, kualitas layanan, dan daya saing perusahaan di tengah persaingan industri otomotif. Metode yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dengan studi kasus. Data diperoleh melalui wawancara mendalam dengan kepala bengkel, mekanik, administrasi dan perpajakan, admin inventory, Service Advisor (SA), dan Customers Relation Officer (CRO), serta observasi dan tinjauan dokumen perusahaan. Analisis dilakukan secara deskriptif berdasarkan teori TQM. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan TQM meningkatkan efisiensi kerja, kualitas layanan, dan kepuasan pelanggan. Tantangan yang dihadapi meliputi resistensi terhadap perubahan, keterbatasan sumber daya manusia, dan menjaga konsistensi pelaksanaan. Perusahaan mengatasi tantangan ini melalui pelatihan, peningkatan komunikasi antar divisi, dan penggunaan sistem berbasis teknologi. Penelitian ini memberikan kontribusi para artis bagi PT. Asco untuk memperkuat strategi implementasi TQM dan dapat menjadi acuan bagi perusahaan lain. Disarankan perusahaan memperkuat pelatihan, mengembangkan sistem teknologi, dan melakukan evaluasi rutin guna meningkatkan keberhasilan penerapan TQM
Statistic
Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Creators: |
|
||||||||||||
Contributors: |
|
||||||||||||
Subjects: | Budaya Organisasi Manajemen Sumber Daya Manusia |
||||||||||||
Keywords: | TQM; kinerja operasional; efisiensi; kepuasan pelanggan | ||||||||||||
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Manajemen | ||||||||||||
Depositing User: | Nurur Rohmatus Sholikhah | ||||||||||||
Date Deposited: | 03 Mar 2025 04:51 | ||||||||||||
Last Modified: | 03 Mar 2025 04:51 | ||||||||||||
URI: | http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/78376 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |