This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya
Usroh, Zainatul (2023) Pengembangan media pembelajaran bahasa arab berbasis komik digital untuk meingkatkan maharah qira'ah dan kitabah siswa kelas XI-agama MAN 2 Mojokerto. Masters thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.
![]() |
Text
Zainatul Usro_02040921021.pdf Download (8MB) |
![]() |
Text
Zainatul Usro_02040921021_Full.pdf Restricted to Repository staff only until 5 March 2028. Download (8MB) |
Abstract
Bahasa Arab merupakan salah satu bahasa yang paling banyak digunakan di lembaga dan sekolah di Indonesia. Dalam pengajaran bahasa, guru memerlukan berbagai cara, metode, dan media pembelajaran. Saat ini, penggunaan internet efektif untuk membantu meningkatkan pembelajaran siswa. Di MAN 2 Mojokerto guru tidak menggunakan media pembelajaran yang dapat digunakan untuk meningkatkan kemampuan berbahasa siswa. Solusi dari permasalahan tersebut adalah dengan mengembangkan media pembelajaran yang sesuai dengan kemampuan siswa, khususnya dalam keterampilan membaca dan menulis. Dari uraian di atas terlihat bahwa perlu adanya pengembangan komik digital dalam pembelajaran bahasa Arab untuk meningkatkan kemampuan membaca dan menulis siswa kelas XI Agama MAN 2 Mojokerto. Tujuan penelitian ini adalah (1) untuk mengetahui pengembangan komik digital dalam pembelajaran bahasa Arab untuk meningkatkan keterampilan membaca dan menulis siswa kelas XI Agama MAN 2 Mojokerto, dan (2) untuk mengetahui efektivitas pengembangan media pembelajaran komik digital dalam pembelajaran bahasa Arab untuk meningkatkan keterampilan membaca dan menulis siswa kelas XI Agama MAN 2 Mojokerto. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif, dan jenis penelitian Research and Development (R&D) berdasarkan model Sugiono. Media pembelajaran dalam penelitian ini adalah komik digital pada aplikasi Webtoon. Hasil penelitian ini adalah (1) Pengembangan media pembelajaran dalam penelitian ini ditempuh dalam sepuluh langkah. Para ahli (ahli media dan ahli materi) menilai bahwa media dan materi yang dikembangkan bernilai “mumtaz” sejalan dengan siswa-siswi kelas XI Agama MAN 2 Mojokerto yang menyatakan bahwa media dan materi yang dikembangkan bernilai “mumtaz” juga, (2) berdasarkan analisis uji-t pre dan post test dengan bantuan SPSS, menunjukkan hasil bahwa nilai T hitung lebih besar dari T tabel yang berarti terdapat perbedaan statistik sebelum dan sesudah menggunakan komik digital, oleh karenanya media pembelajaran yang dikembangkan efektif dalam meningkatkan hasil belajar siswa.
Statistic
Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.
Item Type: | Thesis (Masters) | ||||||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Creators: |
|
||||||||||||
Contributors: |
|
||||||||||||
Subjects: | Pendidikan Islam > Pendidikan Islam - Media | ||||||||||||
Keywords: | Research and development; pengembangan media; komik digital | ||||||||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab | ||||||||||||
Depositing User: | zainatul usroh | ||||||||||||
Date Deposited: | 05 Mar 2025 01:58 | ||||||||||||
Last Modified: | 05 Mar 2025 01:58 | ||||||||||||
URI: | http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/78438 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |