This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya
Rohmah, Nur Wahidatur (2014) PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN AL-QURAN HADITS MATERI HADITS NIAT DAN SILATURRAHMI SISWA KELAS IV MI SALAFIYAH BAHAUDDIN TAMAN SIDOARJO DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN NUMBERED HEAD TOGETHER (NHT). Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.
|
Text
Cover.pdf Download (489kB) | Preview |
|
|
Text
Abstrak.pdf Download (165kB) | Preview |
|
|
Text
Daftar Isi.pdf Download (212kB) | Preview |
|
|
Text
Bab 1.pdf Download (207kB) | Preview |
|
|
Text
Bab 2.pdf Download (424kB) | Preview |
|
|
Text
Bab 3.pdf Download (323kB) | Preview |
|
|
Text
Bab 4.pdf Download (224kB) | Preview |
|
|
Text
Bab 5.pdf Download (158kB) | Preview |
|
|
Text
Daftar Pustaka.pdf Download (137kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar siswa dalam memahami materi hadits niat dan silaturrahmi pada mata pelajaran Al-Qur’an Hadits. Untuk menanggulangi hal tersebut dibutuhkan suatu model pembelajaran yang dapat membantu siswa untuk lebih meningkatkan hasil belajarnya pada pelajaran Al-Qur’an Hadits, untuk dapat mengembangkan daya pikir siswa lebih kreatif, dan melibatkan siswa secara aktif dalam kegiatan pembelajaran. Oleh karena itu dalam penelitian ini peneliti menggunakan model pembelajaran Numbered Head Together (NHT).
Tujuan penelitian ini yaitu: (1) untuk mendapatkan gambaran tentang hasil belajar siswa dalam memahami hadits niat dan silaturrahmi mata pelajaran Al-Qur’an Hadits di kelas IV MI Salafiyah Bahauddin Taman Sidoarjo sebelum menggunakan model NHT, (2) untuk mendapatkan tentang gambaran tentang penerapan model NHT di kelas IV MI Salafiyah Bahauddin Taman Sidoarjo, dan (3) untuk mendapatkan gambaran tentang peningkatan hasil belajar siswa dalam memahami hadits niat dan silaturrahmi mata pelajaran Al-Qur’an Hadits di kelas IV MI Salafiyah Bahauddin Taman Sidoarjo setelah menggunakan model NHT.
Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilakukan di MI Salafiyah Bahauddin Taman Sidoarjo, sebagai subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV, penelitian ini dilakukan dengan dua siklus. Mengenai teknik pengumpulan data, peneliti menggunakan observasi, wawancara, tes prestasi, dan dokumentasi untuk melengkapi data yang telah diungkap. Selanjutnya, data yang diperoleh dianalisis secara deskriptif kualitatif.
Dapat diketahui bahwa ketuntasan belajar siswa sebelum menggunakan model NHT masih rendah yaitu 41,67% siswa yang tuntas. Dengan adanya hasil belajar siswa yang masih rendah maka peneliti menerapkan model NHT yang dilakukan dalam dua siklus, dengan menerapkan model NHT ini hasil belajar siswa dalam memahami materi hadits niat dan hadits silaturrahmi siswa kelas IV mata pelajaran Al-Qur’anHadits di MI Salafiyah Bahauddin Taman Sidoarjo mengalami peningkatan. Hal ini dapat ditunjukkan dari ketuntasan hasil belajar siswa dengan prosentase 54,16% di siklus I dan 87,5% di siklus II.
Statistic
Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Additional Information: | Taufik Siraj | ||||||
Creators: |
|
||||||
Subjects: | Metode Pembelajaran | ||||||
Keywords: | Hasil Belajar; Memahami Hadits ; Model Pembelajaran; Numbered Head Together (NHT) | ||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah | ||||||
Depositing User: | Editor : Rini Wahyuningsih------ Information------library.uinsby.ac.id | ||||||
Date Deposited: | 13 Feb 2015 03:42 | ||||||
Last Modified: | 13 Feb 2015 03:42 | ||||||
URI: | http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/785 |
Actions (login required)
View Item |