This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya
Jannah, Rifdatul (2025) Analisis strategi guru dalam meningkatkan suasana tertib belajar siswa Sekolah Indonesia Kuala Lumpur (SIKL). Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.
![]() |
Text
Rifdatul Jannah_06040420068 full.pdf Restricted to Repository staff only until 17 March 2028. Download (7MB) |
![]() |
Text
Rifdatul Jannah_06040420068.pdf Download (7MB) |
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi adanya karakteristik suasana tertib saat belajar matematika siswa Sekolah Indonesia Kuala Lumpur (SIKL) yang tumbuh dalam lingkungan sekolah. Oleh karena itu penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan suasana tertib belajar matematika siswa SIKL. Selain itu penelitian ini untuk mengetahui faktor yang mempengaruhi suasana tertib belajar matematika siswa SIKL, juga untuk mengetahui strategi guru dalam meningkatkan suasana tertib belajar matematika siswa SIKL. Jenis penelitian ini merupakan penelitian studi kasus dengan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data berupa observasi kegiatan belajar-mengajar, kemudian wawancara dengan subjek penelitian serta mengumpulkan dokumentasi untuk melengkapi informasi yang diperoleh dari observasi dan wawancara. Subjek penelitian ini dilakukan pada waka kurikulum dan guru matematika SMP SIKL. Teknik analisis data yang digunakan adalah reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil analisis dan pembahasan maka diperoleh kesimpulan (1) Suasana tertib belajar meliputi pemanfaatan sarana dan prasarana pembelajaran yang terorganisasi, penggunaan media pembelajaran seperti TV digital membuat pembelajaran menarik, dan adanya disiplin belajar diatur melalui kontrak belajar. (2) Faktor yang mempengaruhi suasana tertib belajar meliputi manajemen guru dalam perencanaan, pengorganisasian sumber belajar, kepemimpinan yang memotivasi, dan pengawasan terhadap pencapaian tujuan pembelajaran, konsistensi aturan yang tegas dan adil membentuk suasana tertib belajar, hubungan positif antara guru dan siswa melalui pendekatan sosial menciptakan lingkungan belajar yang nyaman, keterlibatan siswa yang interaktif dalam pembelajaran serta fasilitas lingkungan belajar yang memadai. (3) Strategi guru dalam meningkatkan suasana tertib belajar meliputi aktivitas sebelum belajar mengajar seperti penjelasan tujuan pembelajaran yang meningkatkan motivasi belajar siswa, penyajian isi materi yang sistematis sesuai dengan program semester dan program tahunan; partisipasi siswa terbentuk melalui metode pembelajaran variatif, penilaian tersirat dalam catatan pribadi guru mencakup penilaian secara individu dan individu dalam kelompok pembelajaran, dan kegiatan tindak lanjut berupa sesi diskusi untuk evaluasi pemahaman siswa.
Statistic
Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Creators: |
|
||||||||||||
Contributors: |
|
||||||||||||
Subjects: | Disiplin Sekolah Guru Persepsi Guru |
||||||||||||
Keywords: | Strategi guru; tertib belajar; siswa Sekolah Indonesia Kuala Lumpur | ||||||||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika | ||||||||||||
Depositing User: | Rifdatul Jannah | ||||||||||||
Date Deposited: | 17 Mar 2025 03:37 | ||||||||||||
Last Modified: | 17 Mar 2025 03:37 | ||||||||||||
URI: | http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/78699 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |