This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya
SULIKAH, SULIKAH (2009) AL DIRASAH AL NADHARIYYAH AN QANUN WA ZARAH AL TARBIYAH AL WATHNI RAQM 16 SANAH 2007 AN MU'YAR AL MU'HAL AL AKADIMIY WA KAFAAH AL MADRASAH BI IHTIRAFIYAH MUDARRISIY AL LUGHAH AL ARABIYAH FI AL MURHALAH AL TSANAWIYAH AL HUKUMIYAH BI SURABAYA. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.
|
Text
COVER.pdf Download (33kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (7kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (83kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (126kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (124kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (225kB) | Preview |
|
|
Text
BAB IV.pdf Download (89kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (84kB) | Preview |
Abstract
Kehadiran guru dalam proses balajar mengajar atau pengajaran sangatlah penting, karena tanpa guru proses belajar mengajar tidak akan mungkin terjadi. Oleh karena itu, guru yang profesional dan kompeten sangatlah diperlukan untuk menunjang keberhasilan pemahaman siswa dalam proses belajar mengajar.
Seperti yang sudah tertulis di dalam permendiknas no.16 tahun 2007 tentang standart kualifikasi akademik dan kompetensi guru, jadi bukan hanya sekedar guru biasa tetapi guru-guru yang mempunyai persyaratan-persyaratan yang sudah tertulis dipermendiknas no.16 tahun 2007 tersebut, lebih-lebih pengajaran bahasa asing seperti bahasa Arab yang membutuhkan guru yang khusus untuk itu.
Berangkat dari latar belakang diatas maka skripsi penulis ini dimaksudkan untuk mengangkat masalah penting ini, adapun tujuan permasalahan yang diangkat dalam skripsi ini adalah untuk mengetahui kualifikasi akademik dan kompetensi guru bahasa Arab di tingkat MTsN kota Surabaya, profesionalisme guru bahasa Arab di tingkat MTsN kota Surabaya dan kajian teori tentang permendiknas no.16 tahun 2007 tentang standart kualifikasi akademik dan kompetensi guru dengan profesionalisme guru bahasa Arab tingkat MTsN di kota Surabaya.
Didalam skripsi ini populasi guru bahasa Arab di MTsN Surabaya ada 10 orang, menurut buku metode penelitian pendidikan (Prof.DR.Sugiyono) jika populasinya kurang dari 30 orang maka harus diambil semuanya dan penelitiannya disebut sampling jenuh dengan menggunakan tehnik product moment penelitiannya bersifat kuantitatif survey.
Dengan menggunakan metode observasi, inreview, dan dokumentasi serta melualui angket diketahui bahwa kualifikasi akademik dan kompetensi guru bahasa Arab di tingkat MTsN kota Surabaya dapat dikategorikan kurang, terbukti dengan hasil hitung yang menggunakan rumus Mean dan menghasilkan angka 53% yang berada pada posisi 40%-55%, begitu juga untuk profesionalisme guru bahasa Arab ditingkat MTsN kota Surabaya dikategorikan kurang dengan hasil angka 46% dengan menggunakan rumus yang sama.
Ternyata permendiknas no.16 tahun 2007 mempunyai pengaruh yang kuat terhadap profesionalisme guru bahasa Arab, hal ini terbukti dari hasil perhitungan statistik yang menggunakan rumus Product Moment menghasilkan angka 0,734 yang ternyata lebih besar dari r tabel (5% = 0,632), dikatakan ada hubungan yang kuat karena berada pada posisi antara 0,60 – 0,799.
Karena keterbatasan tenaga dan waktu masih ada kesalahan-kasalahan penulis, oleh karena itu diharapkan skripsi-skripsi selanjutnya untuk lebih baik dari sebelumnya.
Statistic
Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Creators: |
|
||||||
Subjects: | Pendidikan > Bahasa Arab | ||||||
Keywords: | AL DIRASAH AL NADHARIYAH | ||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab | ||||||
Depositing User: | Editor: Library Administrator----- Information-----http://library.uinsby.ac.id | ||||||
Date Deposited: | 02 Nov 2009 | ||||||
Last Modified: | 10 Feb 2015 08:17 | ||||||
URI: | http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/7870 |
Actions (login required)
View Item |