This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya
Hikmawati, Rosyidatul (2009) مقارنة بين الطريقة التعاونية فرقة الطلاب في كفاءة التعليم بجغ سو للوصول الي كفائة مادة القواعد لطلاب الفصل العاشر بالمدرسة الثانوية الإسلامية الحكومية سورابايا. Undergraduate thesis, IAIN Sunan Ampel Surabaya.
Text
Rosyidatul Hikmawati_D02205059.pdf Download (3MB) |
Abstract
Kondisi umum pembelajaran bahasa Arab banyak mengalami kendala yang mengarah pada rendahnya motivasi siswa dalam belajar bila dibandingkan dengan pembelajaran bahasa asing yang lain. Kemungkinan yang terjadi adalah, pembelajaran bahasa Arab yang selama ini menggunakan metode yang membosankan bagi siswa.
Mengajar pada hakikatnya bukanlah semata persoalan menceritakan sesuatu, begitu juga belajar bukanlah konsekuensi otomatis dari penuangan informasi ke dalam benak seseorang, apalagi belajar bahasa asing. Belajar memerlukan keterlibatan mental dan kerja sebagaimana yang dinyatakan oleh Konfusius 24000 tahun yang silam yakni : Yang saya dengar saya lupa. Yang saya lihat saya ingat. Yang saya kerjakan, saya faham. Karena itu upaya awal yang diperlukan adalah menumbuhkan kesadaran akan pentingnya membelajarkan siswa secara aktif agar upaya yang dilakukan pengajar dapat memberikan kebermaknaan sehingga efektifitas pembelajaran bisa terwujud. Dari kondisi inilah muncul berbagai macam metode dan strategi pembelajaran antara lain active learning, cooperative learning dan lain-lain. Demi tercapai efektifitas pembelajaran yang kemudian jelas akan berkaitan dengan materi pembelajaran, maka penelitian yang berjudul Perbandingan Antara Metode Cooperative Learning STAD ( Student Team Achievement Devision) Dengan Jigsaw Pada Pencapaian Kompetensi Kaidah Bahasa Arab Siswa Kelas X Madrasah Aliyah Negeri (MAN) Surabaya dimaksudkan untuk mencari metode mana yang lebih efektif pada materi kaidah bahasa Arab. Penelitian ini bertuiuan untuk mencari signifikansi perbedaan tingkat pencapaian kompetensi kaidah bahasa Arab pada kelompok STAD dan Jigsaw pada kelas X MAN Surabaya yang berjumlah 140 siswa. Sedang sampel yang digunakan adalah Teknik Sampling Non Probabilitas Type Purposive Sampling yakni pengambilan sampel dengan cara mengambil subyek didasarkan atas adanya tujuan tertentu. Sampel pada penelitian ini adalah siswa kelas X1 (21 siswa) sebagai Kelompok STAD dan siswa kelas X2 (21 siswa) sebagai Kelompok Jigsaw. Pengumpulan data dilakukan dengan metode Uji Coba, Observasi, Wawancara, Angket dan Tes. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan signifikan antara pencapaian kompetensi Kaidah Bahasa Arab siswa kelompok STAD dengan kelompok Jigsaw. Perbedaan ini dapat dilihat dari meningkatnya skor rata-rata kelompok STAD dari 5,95 (Pre Test) menjadi 6,23 (Post Test) dan kelompok Jigsaw dari 6,09 (Pre Test) menjadi 7,52 (Post Test). Ini menunjukkan tingkat signifikansi pada perbedaan peningkatan prestasi sebesar sebesar 1,29. dalam hasil perhitungan Uji t diperoleh to sebesar -6,78. angka ini jauh lebih kecil dibanding tt pada taraf signifikansi 5% yaitu 2,021 dan taraf signifikansi 1% yaitu 2,704 (2,21 -6,78 2, 704). Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa signifikansi perbedaan antara dua strategi tersebut sangat besar pada materi kaidah bahasa Arab siswa klas X MAN Surabaya. Dikarenakan keterbatasan peneliti, maka diperlukan pengkajian lebih lanjut oleh peneliti-peneliti lain, terutama mengenai varias-variasi baru metode pembelajaran bahasa Arab.
Statistic
Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Creators: |
|
||||||||
Contributors: |
|
||||||||
Subjects: | Pendidikan > Bahasa Arab Motivasi Belajar |
||||||||
Keywords: | Pembelajaran Bahasa Arab; motivasi belajar; baha asing | ||||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab | ||||||||
Depositing User: | Editor: Library Administrator----- Information-----http://library.uinsby.ac.id | ||||||||
Date Deposited: | 02 Nov 2009 | ||||||||
Last Modified: | 06 Jul 2021 09:58 | ||||||||
URI: | http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/7871 |
Actions (login required)
View Item |