This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya
Zahro, Alfianti Syayyidatin Niswani (2024) Efektivitas model pembelajaran kooperatif tipe TPS (think, pair, share) terhadap kemampuan berpikir kritus matematis siswa SMA pada kurikulum merdeka. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.
![]() |
Text
Alfianti Syayyidatin Niswani Zahro_06040420052_Full.pdf Restricted to Repository staff only until 18 March 2028. Download (27MB) |
![]() |
Text
Alfianti Syayyidatin Niswani Zahro_06040420052.pdf Download (27MB) |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi dengan rendahnya kemampuan bepikir kritis matematis siswa pada pembelajaran kurikulum merdeka terbukti kurangnya penelitian yang menunjukkan tingginya kemampuan berpikir kritis matematis siswa pada kurikuum merdeka. Oleh karena itu, penelitian ini akan menggunakan model pembelajaran TPS (Think, Pair, Share) dengan tujuan untuk mengetahui kemampuan berpikir kritis matematis sebelum diterapkan dan setelah diterapkannya model pembelajaran TPS, serta mengetahui efektivitas model pembelajaran TPS terhadap kemampuan berpikir kritis matematis siswa SMA pada implementasi pembelajaran kurikulum merdeka. Jenis penelitian ini adalah penelitian quasi eksperimental dengan pendekatan kuantitatif. Desain penelitian yang digunakan adalah one group pretest�posttest design. Sampel penelitian yang digunakan adalah siswa kelas XI-A1 SMA Negeri 15 Surabaya yang terdiri dari 36 siswa dan diambil dengan menggunakan teknik random sampling. Hasil penelitian yang diuji menggunakan uji statistik parametrik berupa uji-t pada hasil pretest dan posttest kemampuan berpikir kritis matematis menunjukkan bahwa: (1) Kemampuan berpikir kritis matematis sebelum diterapkan model pembelajaran TPS termasuk dalam kategori rendah berdasarkan hasil pretest kemampuan berpikir kritis matematis dengan rata-rata 25,41. (2) Kemampuan berpikir kritis matematis setelah diterapkan model pembelajaran TPS termasuk dalam kategori tinggi berdasarkan hasil posttest kemampuan berpikir kritis matematis dengan rata-rata 75,77. (3) Model pembelajaran TPS dinyatakan efektif meningkatkan kemampuan berpikir kritis matematis siswa SMA dibuktikan dengan hasil uji statistika yang menunjukkan nilai Sig. 0,001 < 0,05 dengan taraf signifikasi 5% yang berarti H0 ditolak dan H1 diterima. Hal tersebut mengartikan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara kemampuan berpikir kritis matematis siswa SMA sebelum dan setelah diterapkan model pembelajaran TPS serta ditunjukkan dengan peningkatan hasil pretest dan posttest kemampuan berpikir kritis matematis oleh seluruh siswa. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran TPS efektif meningkatkan kemampuan berpikir kritis matematis siswa SMA.
Statistic
Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Creators: |
|
||||||||||||
Contributors: |
|
||||||||||||
Subjects: | Kurikulum Matematika Pendidikan |
||||||||||||
Keywords: | TPS (Think, Pair, Share); kemampuan berpikir kritis matematis | ||||||||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika | ||||||||||||
Depositing User: | Alfianti Syayyidatin Niswani Zahro | ||||||||||||
Date Deposited: | 18 Mar 2025 04:57 | ||||||||||||
Last Modified: | 18 Mar 2025 04:57 | ||||||||||||
URI: | http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/78777 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |