Efektivitas penggunaan media pembelajaran flash card terhadap peningkatan hasil belajar aksara jawa pada siswa kelas IV di MIN 1 Kota Surabaya

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Saadah, Suraiyyah Naili (2025) Efektivitas penggunaan media pembelajaran flash card terhadap peningkatan hasil belajar aksara jawa pada siswa kelas IV di MIN 1 Kota Surabaya. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Suraiyyah Naili Saadah_06010721023_Full.pdf
Restricted to Repository staff only until 18 March 2028.

Download (10MB)
[img] Text
Suraiyyah Naili Saadah_06010721023.pdf

Download (10MB)

Abstract

Latar belakang dari penelitian ini yaitu Hasil belajar aksara Jawa siswa kelas IV di MIN 1 Kota Surabaya masih rendah. Banyak siswa mengalami kesulitan dalam mengenali dan membaca aksara Jawa, baik aksara dasar (aksara Legena) maupun tanda baca (sandhangan). Kesulitan ini disebabkan oleh beberapa faktor, antara lain: kompleksitas bentuk aksara Jawa yang berbeda jauh dari alfabet Latin yang lebih familiar bagi siswa, serta rendahnya minat siswa terhadap materi yang dianggap sulit dan membosankan, serta banyaknya guru yang cenderung menggunakan buku paket. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sejauh mana tingkat keefektivan penggunaan media pembelajaran Flash card dalam meningkatkan hasil belajar aksara Jawa pada siswa kelas IV di MIN 1 Kota Surabaya. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan desain eksperimen semu (quasi-experimental) menggunakan Nonequivalent Control Group Design. Sampel penelitian terdiri dari 54 siswa kelas IV yang dibagi menjadi dua kelompok, yaitu kelompok eksperimen yang menggunakan media flash card dan kelompok kontrol yang menggunakan metode konvensional. Data dikumpulkan melalui pre-test dan post-test, kemudian dianalisis menggunakan statistik deskriptif dan inferensial serta uji N-Gain. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat peningkatan signifikan dalam hasil belajar aksara Jawa pada kelompok eksperimen dibandingkan dengan kelompok kontrol. Nilai rata-rata post-test pada kelompok eksperimen meningkat secara signifikan setelah diberikan perlakuan menggunakan media flash card. Analisis inferensial menunjukkan bahwa penggunaan media flash card memiliki pengaruh yang signifikan terhadap peningkatan hasil belajar aksara Jawa siswa.Kemudian untuk mengetahui tingkat efektivitas pada kelas eksperimen dan kelas kontrol dilakukan uji N-Gain yang memperoleh hasil bahwa kelas eksperimen memiliki skor 0,7818 (kategori tinggi), sedangkan kelas kontrol hanya 0,2424 (kategori rendah), yang mengindikasikan bahwa peningkatan hasil belajar aksara Jawa lebih signifikan pada kelas eksperimen. Dengan demikian, penelitian ini membuktikan bahwa media pembelajaran flash card efektif dalam meningkatkan hasil belajar aksara Jawa siswa kelas IV MIN 1 Kota Surabaya. Oleh karena itu, penggunaan flash card dapat direkomendasikan sebagai alternatif media pembelajaran yang inovatif dan interaktif dalam pembelajaran aksara Jawa di sekolah dasar.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Saadah, Suraiyyah Nailisuraiyyahnailisaadaah9203@gmail.com06010721023
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorJuhaeni, Juhaenijuhaeni@uinsby.ac.id2030078604
Thesis advisorErfansyah, Nasrul Fuaderfansyah@uinsa.ac.id2128058301
Subjects: Metode Pembelajaran > Metode Pembelajaran
Pendidikan > Media
Pendidikan > Hasil Belajar
Keywords: Media pembelajaran flash card; hasil belajar; aksara Jawa
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: SURAIYYAH NAILI SAADAH
Date Deposited: 18 Mar 2025 05:16
Last Modified: 18 Mar 2025 05:16
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/78927

Actions (login required)

View Item View Item