This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya
Amalia, Ersa (2025) Strategi guru dalam menerapkan metode yanbu’a untuk mengembangkan kemampuan membaca al-Qur’an pada anak usia 4-5 tahun di TK Islam Sabilillah Sidoarjo. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.
![]() |
Text
Ersa Amalia_06010921004 full.pdf Restricted to Repository staff only until 18 March 2028. Download (1MB) |
![]() |
Text
Ersa Amalia_06010921004.pdf Download (1MB) |
Abstract
Membaca Al-Qur’an sangatlah penting serta diharuskannya belajar membaca Al-Qur’an, terutama dianjurkan belajar sejak usia dini, sebab masa tersebut masa emasnya masa baiknya pelajaran masuk ke dalam pikiran anak, terutama sejak dini itulah anak sudah dididik mencintai Al-Qur’an. Maka, guru ataupun pendidik harus mempunyai strategi agar anak cepat mampu maupun mudah dalam membaca Al-Qur’an. Tidak hanya itu, banyak metode yang bisa diambil dalam belajar membaca Al-Qur’an salah satunya yaitu metode yanbu’a. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui strategi guru dalam menerapkan metode yanbu’a dan untuk menjelaskan kemampuan membaca Al-Qur’an pada anak usia 4-5 tahun di TK Islam Sabilillah Sidoarjo. Penelitian ini menggunakan kualitatif deskriptif, dengan teknik pengumpulannya data yakni observasi, dokumentasi, maupun wawancara. Teknik analisis data yakni kondensasi data, penyajian data, serta penarikan kesimpulan. Dalam teknik uji keabsahan data meliputi perpanjangan pengamatan, meningkatkan ketekunan, serta tringulasi. Hasil yang didapat dari penelitian ini ialah mengenai strategi guru dalam menerapkan metode yanbu’a dalam membaca Al-Qur’an pada anak usia 4-5 tahun di TK Islam Sabilillah Sidoarjo adalah langkah-langkah strategi guru yang meliputi perencanaan pembelajaran, pelaksanaan pembelajaran, serta evaluasi pembelajaran. Adapun kemampuan membaca Al-Qur’an anak usia dini usia 4-5 tahun di TK Islam Sabilillah Sidoarjo adalah indikator kemampuan membaca yaitu kefasihan dan kelancaran membaca Al-Qur’annya, ilmu tajwidnya, beserta makharijul hurufnya siswa sudah baik dalam membaca Al-Qur’an dan perlu membaca Al-Qur’an setiap waktu untuk menjaga kemampuan membaca Al-Qur’an siswa.
Statistic
Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Creators: |
|
||||||||||||
Contributors: |
|
||||||||||||
Subjects: | Persepsi Guru Agama > Agama dan Ilmu Pengetahuan |
||||||||||||
Keywords: | Strategi guru; metode yanbu’a; membaca al-Qur’an; anak usia 4-5 th | ||||||||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Anak Usia Dini (PIAUD) | ||||||||||||
Depositing User: | ERSA AMALIA | ||||||||||||
Date Deposited: | 18 Mar 2025 07:48 | ||||||||||||
Last Modified: | 18 Mar 2025 07:48 | ||||||||||||
URI: | http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/78943 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |