This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya
Chasanah, Uswatun (2009) Penerapan Strategi PQ4R dengan model pembelajaran langsung untuk pokok bahasan Kubus dan Balok di Kelas VIII SMP Buana Waru. Undergraduate thesis, IAIN Sunan Ampel Surabaya.
Text
Cover Uswatun Chasanah_D04205033-2.pdf Download (967kB) |
||
|
Text
abstrak.pdf Download (18kB) | Preview |
|
|
Text
bab. i.pdf Download (27kB) | Preview |
|
|
Text
bab. ii.pdf Download (86kB) | Preview |
|
|
Text
bab. iii.pdf Download (105kB) | Preview |
|
|
Text
bab. iv.pdf Download (46kB) | Preview |
|
|
Text
bab. v.pdf Download (30kB) | Preview |
|
|
Text
bab. vi.pdf Download (21kB) | Preview |
|
|
Text
daf pustaka.pdf Download (10kB) | Preview |
Abstract
Dewasa ini, dunia pendidikan dituntut untuk lebih maju dan berkualitas dalam menghasilkan lulusan-lulusan yang dapat bersaing di zaman modern yang penuh dengan persaingan sehingga lulusan dituntut memiliki kualitas yang baik dari segi ilmu pengetahuan maupun segi keterampilan yang dikuasai. Kedua aspek tersebut haruslah dimiliki oleh setiap lulusan agar ia dapat bertahan dalam persaingan. Untuk itu pada saat ini dikembangkan pembelajaran yang berorientasi pada siswa (Student-Centered-Instruction). Dalam pembelajaran ini siswalah yang aktif dalam menggali informasi itu sendiri. Salah satu strategi yang dapat membantu siswa memahami dan mengingat materi adalah strategi PQ4R (Preview, Question, Read, Reflect, Recite and Review), sedangkan model pembelajaran yang digunakan adalah model pembelajaran langsung dan materi yang dipilih adalah kubus dan balok. Model pembelajaran langsung dipilih karena model ini digunakan untuk mengajarkan pengetahuan deklaratif dan prosedural, sedangkan pokok bahasan kubus dan balok dipilih karena materi ini berupa konsep-konsep dan ketentuan-ketentuan yang memerlukan strategi untuk mempelajarinya.
Penelitian ini dilaksanakan tanggal 6, 8 dan 15 Mei 2009. Penelitian ini dilaksanakan di SMP BUANA Waru. Adapun subyek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII-C semester 2 yang berjumlah 44 siswa dan penelitian ini merupakan jenis penelitian diskriptif kualitatif. Tujuan penelitian ini adalah untuk : 1). Mendeskripsikan kemampuan guru dalam mengelola pembelajaran menggunakan strategi PQ4R dengan model pembelajaran langsung untuk pokok bahasan kubus dan balok, 2). Mendeskripsikan aktivitas siswa selama pembelajaran menggunakan strategi PQ4R dengan model pembelajaran langsung untuk pokok bahasan kubus dan balok, 3). Mendeskripsikan respon siswa terhadap pembelajaran menggunakan strategi PQ4R dengan model pembelajaran langsung untuk pokok bahasan kubus dan balok, 4). Mendeskripsikan ketuntasan belajar siswa selama penerapan strategi PQ4R dengan model pembelajaran langsung untuk pokok bahasan kubus dan balok.
Dari hasil penelitian ini didapatkan bahwa kemampuan guru dalam mengelola pembelajaran menggunakan srategi PQ4R dalam model pembelajaran langsung dikatakan sangat baik dengan nilai rerata keseluruhan 3,53. Aktivitas siswa yang dominan muncul adalah mempraktekkan strategi belajar PQ4R dengan rerata aktivitas 32.99% terbesar dari setiap kategorinya. respon siswa terhadap penerapan strategi PQ4R dengan model pembelajaran langsung adalah positif, hal ini dikarenakan persentase jawaban siswa yang menjawab baru, senang dan ya . Siswa yang tuntas adalah 38 orang dan persentase siswa yang tuntas secara klasikal adalah 86% atau lebih besar dari 85%.
Statistic
Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Creators: |
|
||||||||
Contributors: |
|
||||||||
Subjects: | Pendidikan Pendidikan > Metode |
||||||||
Keywords: | PQ4R; pembelajaran langsung | ||||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika | ||||||||
Depositing User: | Editor: Library Administrator----- Information-----http://library.uinsby.ac.id | ||||||||
Date Deposited: | 02 Nov 2009 | ||||||||
Last Modified: | 20 Jun 2022 07:51 | ||||||||
URI: | http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/7895 |
Actions (login required)
View Item |