Pengembangan media pembelajaran google sites berbantuan baamboozle dalam meningkatkan pemahaman siswa kelas iv mata pelajaran IPAS materi keragaman budaya Indonesia di MIN 1 kota Surabaya

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Pratiwi, Nayli Okta Dwi (2025) Pengembangan media pembelajaran google sites berbantuan baamboozle dalam meningkatkan pemahaman siswa kelas iv mata pelajaran IPAS materi keragaman budaya Indonesia di MIN 1 kota Surabaya. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Nayli Okta Dwi Pratiwi_06040721109 OK.pdf

Download (4MB)
[img] Text
Nayli Okta Dwi Pratiwi_06040721109 Full.pdf
Restricted to Repository staff only until 19 March 2028.

Download (6MB)

Abstract

Penelitian pengembangan ini dilakukan karena terdapat suatu masalah yang ada di lapangan/sekolah. Guru menggunakan media yang kurang menarik dan kurang interaktif sehingga pemahaman siswa masih kurang. Kebanyakan guru hanya mengandalkan buku paket yang ada disekolah saja, jarang menggunakan media. Maka dari itu peneliti mengembangkan sebuah produk media pembelajaran.Penelitian pengembangan ini bertujuan untuk: (1) menjelaskan desain pengembangan media pembelajaran google sites berbantuan baamboozle (2) mengetahui hasil kepraktisan pengembangan media pembelajaran google sites berbantuan baamboozle (3) mengetahui hasil kemenarikan pengembangan media pembelajaran google sites berbantuan baamboozle (4) mengetahui hasil keefektifan pengembangan media pembelajaran google sites berbantuan baamboozle. Metode penelitian ini menggunakan penelitian Research and Development (R&D) dengan model 4D yang memiliki empat tahapan yaitu define atau pendefinisian, design atau perancangan, develop atau pengembangan, dan disseminate atau penyebaran. Subjek penelitian yaitu kelas IVA sebanyak 27 siswa di MIN 1 Kota Surabaya. Teknik pengumpulan data ini yaitu observasi, wawancara, angket, tes, dan dokumentasi. Teknik analisis data ini ada 2 yaitu analisis data kualitatif dan analisis data kuantitatif menggunakan uji t dan N Gain. Hasil penelitian ini: (1) desain penelitian ini menggunakan R&D dengan model 4D (define, design, develop, disseminate). (2) kepraktisan dari hasil ahli validasi media sebesar 94,66 dengan kategori sangat praktis, hasil validasi ahli materi sebesar 80 dengan kategori praktis, angket respon guru sebesar 87 dengan kategori praktis, dan angket respon siswa yang termasuk kategori praktis ada 3 siswa dan 24 siswa mengatakan sangat praktis. (3) kemenarikan dari hasil validasi ahli media yaitu 94,66 dikategorikan sangat menarik, uji validasi ahli materi sebesar 80 dikategorikan menarik, hasil angket respon guru sebesar 87 dikategorikan menarik, dan angket respon siswa yang mengatakan menarik ada 3 siswa, 24 siswa mengatakan sangat menarik. (4) keefektifan dari hasil tes sebelum dan setelah menggunakan media sebesar 58,51 dan 81,11 terdapat peningkatan sebesar 22,59. Hasil uji paired samples test yaitu <0,01 sehingga dapat dikatakan signifikan karena kurang dari 0,05 dan terdapat perbedaan dari hasil tersebut. Hasil N Gain yaitu 0,47 dengan kategori sedang. Maka dapat dikatakan adanya peningkatan pemahaman siswa dengan menggunakan media google sites berbantuan baamboozle.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Pratiwi, Nayli Okta Dwinayliokta06@gmail.com06040721109
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorSihabudin, Sihabudinsihabudin@uinsa.ac.id2020027701
Thesis advisorErfansyah, Nasrul FuadErfansyah@uinsby.ac.id2128058301
Subjects: Pendidikan > Media
Pendidikan > Hasil Belajar
Pendidikan > Pembelajaran
Keywords: Pengembangan; google sites; baamboozle; pembelajaran IPAS
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Nayli Pratiwi
Date Deposited: 19 Mar 2025 04:18
Last Modified: 19 Mar 2025 04:19
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/78954

Actions (login required)

View Item View Item