This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya
Wati, Rizqia Fahma (2009) Penerapan pembelajaran Matematika model Kooperatif tipe Stad dengan melibatkan keterampilan Metakognisi siswa. Undergraduate thesis, IAIN Sunan Ampel Surabaya.
|
Text
Cover.pdf Download (333kB) | Preview |
|
|
Text
abstrak.pdf Download (10kB) | Preview |
|
|
Text
dafatar isi.pdf Download (48kB) | Preview |
|
|
Text
bab 1.pdf Download (34kB) | Preview |
|
|
Text
bab 2.pdf Download (87kB) | Preview |
|
|
Text
bab 3.pdf Download (34kB) | Preview |
|
|
Text
bab 4.pdf Download (67kB) | Preview |
|
|
Text
bab 5.pdf Download (29kB) | Preview |
|
|
Text
daftar pustaka.pdf Download (15kB) | Preview |
Abstract
Pendidikan matematika merupakan aspek penting dalam kehidupan. Namun dalam pelaksanaannya, pendidikan matematika masih terdapat berbagai kesulitan - kesulitan. Antara lain pada pemilihan model dan pembelajaran yang tepat. Salah satu model dan pendekatan yang sesuai dengan KTSP adalah model pembelajaran kooperatif. Model pembelajaran kooperatif tipe STAD dipilih karena model pembelajaran ini lebih mengaktifkan siswa untuk bekerja dan memecahkan masalah bersama teman sebayanya selama proses pembelajaran berlangsung. Kemudian dipadukan dengan pendekatan keterampilan metakognisi yang melatih siswa untuk merancang, melaksanakan, dan memulai apa yang telah dipelajari. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan pengelolaan kelas, aktifitas guru dan siswa, ketuntasan belajar, dan respon siswa setelah penerapan pembelajaran dengan menggunakan pendekatan keterampilan metakognisi dalam model pembelajaran kooperatif tipe STAD pada materi pokok system persamaan linear dua variabel (SPLDV) di kelas VIII semester I SLTP Islam Wali Songo Mojokerto tahun ajaran 2009/2010, yang terdiri atas 38 siswa. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan rancangan penelitian one shoot case study. Peneliti menggunakan metode observasi untuk memperoleh data pengelolaan kelas, aktifitas guru dan siswa selama pembelajaran berlangsung. Tes untuk mengetahui ketuntasan belajar, untuk mengetahui respon siswa, peneliti menggunakan metode angket. Dari penelitian yang telah dilakukan, diketahui bahwa kemampuan guru dalam pengelolaan kelas sebesar 3,29. Aktifitas guru dan siswa selama pembelajaran berlangsung termasuk dalam kategori baik. Karena guru dan siswa sudah melakukan lebih dari lima aktifitas selama pembelajaran berlangsung. Ketuntasan belajar siswa sebesar 82,86% dan respon siswa sebesar 64,28%.
Statistic
Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Creators: |
|
||||||
Subjects: | Matematika Pendidikan > Pembelajaran |
||||||
Keywords: | Pembelajaran; Metakognisi; Kooperatif | ||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika | ||||||
Depositing User: | Editor: Library Administrator----- Information-----http://library.uinsby.ac.id | ||||||
Date Deposited: | 02 Nov 2009 | ||||||
Last Modified: | 23 Jul 2018 06:51 | ||||||
URI: | http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/7896 |
Actions (login required)
View Item |