This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya
Febryantika, Arlynda Engrasia (2025) Implementasi pendidikan karakter religius di MI Bahrul Ulum. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.
![]() |
Text
Arlynda Engrasia Febryantika_06040721089 OK.pdf Download (683kB) |
![]() |
Text
Arlynda Engrasia Febryantika_06040721089 Full.pdf Restricted to Repository staff only until 19 March 2028. Download (1MB) |
Abstract
Pendidikan karakter religius memiliki peran penting dalam membentuk akhlak dan moral peserta didik sejak usia dini. MI Bahrul Ulum sebagai lembaga pendidikan dasar berbasis islam memiliki tanggung jawab dalam menanamkan nilai-nilai religius kepada siswa melalui berbagai kegiatan pembelajaran dan budaya sekolah. Namun, dalam implementasinya, terhadap berbagai tantangan yang dihadapi, seperti kurangnya keterlibatan orang tua, pengaruh teknologi, serta keterbatasan fasilitas penunjang. Oleh karena itu, penelitian ini dilakukan untuk menganalisis bagaimana implementasi pendidikan karakter religius MI Bahrul Ulum serta faktor pendukung dan penghambat dalam pelaksanaanya.Penelitian ini berfokus pada perumusan masalah mengenai bagaimana strategi MI Bahrul Ulum dalam menerapkan pendidikan karakter religius, faktor-faktor yang mendukung serta menghambat implementasinya, serta dampaknya terhadap perkembangan karakter siswa. Tujuan penelitian ini adalah untuk menggambarkan ssecara komprehensif proses penerapan pendidikan karakter religius di MI Bahrul Ulum, serta memberikan rekomendasi untuk penguatan strategi yang lebih efektif. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara dengan kepala madrasah, guru agama, guru wali kelas, dan siswa, serta analisis dokumentasi terkait program pendidikan karakter religius. Data yang diperoleh dianalisis secara deskriptif dengan langkah reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menjukkan bahwa pendidikan karakter religius di MI Bahrul Ulum diimplementasikan melalui integrasi dalam mata pelajaran, kegiatan ekstrakurikuler seperti tahfidz dan shalat berjamaah, serta keteladanan guru dalam kehidupan sehari-hari. Faktor pendukung dalam implementasi ini meliputi kebijakan madrasah, peran guru yang aktif, serta lingkungan sekolah yang kondusif. Namun, masih terdapat kendala seperti kurangnya keterlibatan orang tua, guru dalam mendukung pendidikan karakter di rumah. Oleh karena itu, diperlukan sinergi antara madrasah, orang tua, dan masyarakat untuk memperkuat pendidikan karakter religius secara lebih optimal.
Statistic
Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Creators: |
|
||||||||||||
Contributors: |
|
||||||||||||
Subjects: | Islam dan Ilmu Pengetahuan Pendidikan > Pendidikan - Karakter Agama > Agama dan Ilmu Pengetahuan |
||||||||||||
Keywords: | Pendidikan karakter religius; implementasi | ||||||||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah | ||||||||||||
Depositing User: | IMPLEMENTA ARLYNDA ENGRASIA ROCHIM | ||||||||||||
Date Deposited: | 19 Mar 2025 06:34 | ||||||||||||
Last Modified: | 19 Mar 2025 06:34 | ||||||||||||
URI: | http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/78963 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |