This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya
Rofik, Ach. (2009) Kompetensi Guru Matematika berdasarkan persepsi siswa di SMA Negeri 2 Kota Mojokerto. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.
Text
Cover.pdf Download (168kB) |
||
|
Text
abstrak.pdf Download (9kB) | Preview |
|
|
Text
daf.isi.pdf Download (8kB) | Preview |
|
|
Text
bab1.pdf Download (31kB) | Preview |
|
|
Text
bab2.pdf Download (132kB) | Preview |
|
|
Text
bab3.pdf Download (44kB) | Preview |
|
|
Text
bab4.pdf Download (49kB) | Preview |
|
|
Text
bab5.pdf Download (79kB) | Preview |
|
|
Text
bab6.pdf Download (14kB) | Preview |
|
|
Text
daf.pustaka.pdf Download (76kB) | Preview |
Abstract
Secara akademis guru matematika dikatakan sudah kompeten dalam bidangnya, karena mereka sudah banyak belajar dalam proses perkuliahan dan praktik mengajar di lapangan. Namun realita menunjukkan bahwa tidak semuanya guru matematika demikian, banyak kasus terjadi dalam proses pembelajaran dimana seorang guru matematika sangat menguasai materi pelajaran akan tetapi mereka kesulitan dalam menyampaikan materi tersebut pada siswanya, sebaliknya ada guru matematika yang menguasai materi pelajaran sehingga ketika menyampaikan materi pelajaran mudah dipahami oleh siswanya. Ada pula guru matematika yang dianggap kompeten oleh guru-guru yang lain tapi ketika mengajar di kelas ternyata sulit dipahami oleh siswanya. Berangkat dari fenomena tersebut, maka penulis tertarik untuk mengadakan suatu penelitian terkait tentang bagaimana kompetensi guru matematika berdasarkan persepsi siswa di SMA Negeri 2 Kota Mojokerto. Dalam penelitian ini penulis menggunakan acuan standar kompetensi guru berdasarkan Undang-Undang Guru dan Dosen No. 14/2005 dan Peraturan Pemerintah No. 19/2005 yang meliputi kompetensi kepribadian, pedagogik, profesional, dan sosial. Karena penelitian ini bersifat persepsional, yakni berdasarkan persepsi siswa yang diajar oleh guru matematika yang bersangkutan, maka penulis hanya membatasi pada kompetensi pedagogik dan profesional guru matematika yang diteliti yaitu pak AS dan pak ID. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwasanya kompetensi pedagogik dan profesional yang dimiliki pak AS berdasarkan persepsi siswa yang diajar beliau ialah terpenuhi. Sedangkan kompetensi pedagogik dan profesional yang dimiliki pak ID berdasarkan persepsi siswa yang diajar beliau ialah cukup terpenuhi. Sehingga secara umum dapat penulis simpulkan bahwasanya kompetensi guru matematika berdasarkan persepsi siswa di SMA Negeri 2 Kota Mojokerto ialah terpenuhi, dengan kata lain guru matematika di sekolah tersebut kompeten dalam bidangnya.
Statistic
Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Creators: |
|
||||||
Subjects: | Guru Matematika |
||||||
Keywords: | Kompetensi Guru Matematika; persepsi siswa | ||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika | ||||||
Depositing User: | Editor: Library Administrator----- Information-----http://library.uinsby.ac.id | ||||||
Date Deposited: | 02 Nov 2009 | ||||||
Last Modified: | 14 Dec 2018 07:46 | ||||||
URI: | http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/7900 |
Actions (login required)
View Item |